CINTAN WIDYA MULTI NINGRUM, 126201203287 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (634kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
Text
LAMPIRAN BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Cintan Widya Multi Ningrum NIM 126201203287. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Membina Karakter, Jujur, Tanggung Jawab, Sopan Santun Hasil studi literatur menunjukkan banyak siswa yang memiliki karakter kurang baik seperti rendahnya tingkat kedisiplinan, saling acuh terhadap teman, kurangnya sikap jujur, dan bertingkah laku tidak sesuai ajaran Islam. Peran guru pendidikan agama Islam selain mengajar juga harus mampu membina karakter peserta didiknya. Diantara nilai yang ditanamkan oleh guru PAI dalam membina karakter yaitu nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, nilai sopan santun. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI dalam membina karakter jujur peserta didik di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek?. (2) Bagaimana peran guru PAI dalam membina karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek?. (3) Bagaimana peran guru PAI dalam membina karakter sopan santun peserta didik diSMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan kondensasi data, penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter jujur peserta didik adalah sebagai pendidik, pembimbing, pemimpin, dan motivator yang dilakukan dengan bentuk jujur dalam berkata dan berbuat. Metode guru dalam membina karakter jujur adalah dengan nasihat, pembiasaan, keteladanan, pengawasan, dan metode reward dan hukuman. (2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter tanggung jawab peserta didik adalah sebagai pendidik, pemimpin, pembimbing, dan motivator yang dilakukan dengan bentuk tanggung jawab sebagai peserta didik dan terhadap diri sendiri. Metode guru dalam membina karakter tanggung jawab adalah dengan nasihat, pembiasaan, keteladanan, pengawasan, reward dan hukuman. (3) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter sopan santun peserta didik adalah sebagai pendidik, pembimbing, dan motivator yang dilakukan dengan bentuk sopan santun dalam perbuatan dan berkata. Metode guru dalam membina sopan santun dengan nasihat, pembiasaan, keteladanan, dan pengawasan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Akhirat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203287 CINTAN WIDYA MULTI NINGRUM |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 03:24 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55260 |
Actions (login required)
View Item |