PENGGUNAAN MODELLING THEWAY BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MUHAMMAD SYAIKHUL LUBIB AGUSTIAN, 126201203276 (2024) PENGGUNAAN MODELLING THEWAY BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (807kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Syaikhul Lubib Agustian, NIM. 126201203276, penggunaan modelling theway berbantu media audio visual dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kalidawir. Jurusan Pendidikan agama islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, pembimbing: Dr, H, M. Muntahibun nafis M. Ag. Kata kunci: metode modelling theway, media audio visual, Pendidikan agama islam. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penurunan minat belajar peserta didik di SMPN 1 Kalidawir, sehingga penelitian ini dilakukan agar metode dan juga media yang di lakukan menjadi inovasi baru untuk penyampaian materi pembelajaran. Serta banyaknya peserta didik disana membuat kesanggupan guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pun bisa dikatakan sangat kurang. Juga banyaknya kelas yang harus di isi menjadikan kebingungan dalam menyajikan pembelajaran. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penggunaan metode modelling theway berbantu media audio visual dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan agama islam di SMPN 1 Kalidawir, 2) implementasi penggunaan metode modelling theway berbantu media audio visual dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan agama islam di SMPN 1 Kalidawir, 3) implikasi penggunaan metode modelling theway berbantu media audio visual dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan agama islam di SMPN 1 Kalidawir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekripsian dari data yang sudah diambil, baik dari segi observasi secara mendalam, wawancara dengan pihak mitra sekolah, dan juga dengan dokumentasi untuk memperkuat hasil dari penemuan penelitian saat ini. Pengumpulan data sendiri terdiri dari wawancara bersama kepala sekolah, waka kurikulum, dan juga guru pendidikan agama islam. Sebagaimana yang telah di instrumenkasikan bahwasanya pengumpulan data tersebut di lakukan agar supa penelitian berjalan dengan baik dan benar. Serta bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan metode modelling theway berbantu media audio visual sudah dilaksanakan secara bertahap, dikarenakan fasilitas yang ada di mitra sekolah masih terkendala dengan kemampuan pendidik yang kurang faham cara pengoprasianya, 2) peng implementasianya juga berpengaruh baik terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. 3) dan untuk implikasi dari penggunaan metode ini adalah peserta didik semakin percaya diri dalam menjelaskan materi yang sudah didapatkan, serta pemahaman materi yang juga sangat baik sehingga adanya peningkatan dalam evaluasi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203276 Muhammad Syaikhul Lubib Agustian
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:21
Last Modified: 23 Dec 2024 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55284

Actions (login required)

View Item View Item