KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

ZULFA AFA NADA, 126204203177 (2024) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (851kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung”, ditulis oleh Zulfa Afa Nada, NIM. 126204203177, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Dosen Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, SPLDV, Gaya Kognitif Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan ide matematika baik secara lisan maupun tulisan. Melalui soal cerita yang ada pada materi SPLDV, siswa dituntut untuk dapat mengkomunikasikan bahasa seharihari ke dalam bahasa matematika dan menafsirkan hasil perhitungan yang dilakukan sesuai permasalahan yang diberi untuk memperoleh suatu pemecahan. Setiap siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis yang berbeda sesuai dengan kemampuan siswa tersebut memproses informasi. Perbedaan kemampuan memproses informasi yang dialami siswa merupakan pengaruh dari gaya kognitif. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV dengan gaya kognitif Field Independent Kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV dengan gaya kognitif Field Dependent Kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Jenis penelitian adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa Kelas VIII-B SMPN 2 Ngantru Tulungagung dengan kategori 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Siswa dengan gaya kognitif tipe field independent memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Siswa dengan gaya kognitif field independent berhasil menyelesaikan seluruh soal serta mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis, 2) Siswa dengan gaya kognitif tipe field dependent memiliki kemampuan komunikasi yang kurang baik. Siswa dengan gaya kognitif field dependent belum berhasil menyelesaikan seluruh soal serta belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203177 ZULFA AFA NADA
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:37
Last Modified: 23 Dec 2024 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55293

Actions (login required)

View Item View Item