Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dengan Perilaku Keagamaan Siswa di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung

Hanifi, Muhammad Yanuar (2014) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dengan Perilaku Keagamaan Siswa di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru PAI, Perilaku Keagamaan. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kepribadian guru mempunyai dampak terhadap perkembangan perilaku siswa, yang ditegaskan pendapat Zakiah Darajat dalam syah menegaskan bahwa kepribadian itulah yang akan menentukan apakah ia menjadi pendidik dan pembina yang baik bagi anak didiknya, ataukah akan menjadi perusak atau penghancur bagi hari depan anak didik terutama bagi anak didik yang masih kecil (tingkat sekolah dasar). Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara kompetensi kepribadian guru dengan perilaku keagamaan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimana Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI di SDI Sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung ? (2) Bagaimana perilaku keagamaan siswa di SDI sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung? (3) Apakah ada hubungan persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI dengan perilaku keagamaan siswa di SDI sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung ? Pola penelitian: Penelitian pendidikan, penelitian verifikatif, penelitian deskriptif dan penelitian korelasional. Populasi: Siswa kelas IV dan V SDI Sunan Giri Tulungagung semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 42 siswa. Sampel diambil semua dari populasi. Variabel bebas: persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru, Variabel terikat: Perilaku Keagamaan Siswa.Metode pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: data teoritis menggunakan metode deduktif dan komparatif, dan data empiris menggunakan metode induktif dengan bantuan statistik melalui rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam termasuk dalam kategori baik dengan prosentase 46 %; (2) Perilaku keagamaan siswa di SDI Sunan Giri Wonorejo sumbergempol dalam kategori baik dengan prosentase 31%; (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara Persepsi Siswa tentang kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dengan Perilaku Keagamaan Siswa, dengan ditunjukkan dari analisis korelasi Product Moment, maka hasil koefisien korelas r = 0,507. Nilai koefisien tersebut lebih besar dari pada nilai koefisien dari tabel signifikasi pada taraf 1% (rt= 0,393), oleh karena itu hipotesis penelitian menyatakan “ada hubungan antara Persepsi tentang Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dengan Perilaku Keagamaan Siswa di SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung” diterima, dengan kata lain, semakin baik Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam, maka semakin baik pula Perilaku Keagamaan siswa. xiv

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 16 Dec 2014 06:43
Last Modified: 16 Dec 2014 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item