AZIZAH SYAFITRI WAHYUNINGTYAS, 126306203112 (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KEJAR PAKET B DI PKBM AL – MADINAH KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Teknik Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kejar Paket B di PKBM Al – Madinah Kota Kediri” ditulis oleh Azizah Syafitri Wahyuningtyas dengan NIM. 126306203112. Program Studi Bimbingan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin , Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penulisan skripsi ini dibimbing oleh Ibu Febranti Putri Navion, M.Pd dengan NIP. 199009212019032026. Motivasi belajar pada siswa sangat penting untuk mendukung proses belajar yang mereka lakukan. Sehingga tujuan dari belajar mereka dapat tercapai secara maksimal. Namun pada PKBM Al-Madinah ini terdapat permasalahan motivasi belajar pada siswa-siswi Kejar Paket B. Salah satu permasalahan yang ada yaitu seperti siswa sering merasa bosan ketika proses pembelajaran, kurang aktif saat belajar dan sering tidak focus atau cenderung mengabaikan proses belajar mereka. Maka dari itu siswa perlu adanya perencaan dalam belajarnya dan juga menetapkan tujuan dari proses belajar yang sudah mereka lakukan. Metode Self Regulated Learning perlu diterapkan pada siswa karena pada metode tersebut melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga nantinya siswa dapat menentukan cara belajar yang efektif bagi mereka dan nantinya siswa dapat mengontrol kognisi, motivasi dan tingkah laku mereka sehingga tujuan belajar mereka dapat tercapai secara maksimal. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah Teknik Self Regulated Learning efektiv dalam peningkatan motivasi belajar siswa Kejar Paket B di PKBM Al-Madinah Kota Kediri. Dan tujuan dalam penelitian ini meliputi untuk mengetahui Efektivitas Teknik Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kejar Paket B di PKBM Al – Madinah Kota Kediri. Metode yang digunakan pada penlitian ini adalah metode kuantitatif, dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 7siswa atau semua siswa Kejar Paket B di PKBM Al-Madinah Kota Kediri. Analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Terdapat keefektivitasan pembelajaran berbasis self-regulated learning terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa hasil nilai signifikansi sebesar 0.017 yang artinya lebih besar dari 0.05 yang beraarti adanya hubungan yang signifikan anatar self regulated learnibg terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, hasil uji N- Gain mendapatkan nilai mean atau rata – rata sebesar 2,61 yang leih besar dari 0,7 yang berarti nilai tersebut termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis selfregulated learning (X) ini efektif terhadap motivasi belajar siswa (Y). Kata Kunci : Motivasi Belajar, Teknik Self Regulated Learning
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306203112 AZIZAH SYAFITRI WAHYUNINGTYAS |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 08:40 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 08:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55314 |
Actions (login required)
View Item |