KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG

ULFA BADDRIYATUZ ZAHRO, 2811133264 (2017) KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (667kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Menerapkan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfa Baddriyatuz Zahro”, pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, metode pembelajaran, berpikir kritis Metode pembelajaran merupakan salah satu metodologi yang diciptakan dunia pendidikan dalam rangka menuju ke tercapainya suatu perubahan Pembelajaran fiqh membutuhkan sebuah proses pembelajaran yang komprehensif, aktif, kreatif, konstruktif dan inovatif yang dikembangkan dengan landasan filosofis, psikologis, sosio-kultural dan perkembangan ilmu pengetahuan untuk mencapai keberhasilan yang maksimal. Pembelajaran diarahkan kepada peningkatan dan pengembangan kemampuan siswa memecahkan masalah-masalah fiqh dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang humanistis dan konstruktifistik sangat diharapkan bisa diimplementasikan di dalam proses belajar mengajar di kelas. Guru sebagai fasilitator utama dalam pembelajaran memiliki kewajiban untuk mengarahkan pembelajaran ke arah penciptaan kemampuan berpikir kritis siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung? (2)Bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan berfikir kritis siswa mata pada pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung? (3)Bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan metode ceramah untuk meningkatkan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung tergambar pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas. Kreativitas yang ditunjukkan oleh guru pada usaha untuk memvariasi sebuah metode pembelajaran. Bentuk kterativitas seorang guru fiqh ini yaitu memvariasi metode diskusi dengan menggunakan teknik snowball throwing, membuat sebuah ilustrasi mengenai masalah yang ada di masyarakat yang didalamnya terdapat cerita lucu. Sebagai usaha untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada metode diskusi ini, guru memberikan sebuah persoalan yang nantinya akan tumbuh berbagai pertanyaan dan siswa harus mampu menjawab. Dengan cara ini anak akan terbiasa untuk selalu berpikir untuk mendapatkan sebuah jawaban. (2) Kreativitas guru dalam menerapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung tergambar pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas. Bentuk kreativitas guru dalam penerapan metode demonstrasi yaitu siswa disuruh untuk melakukan demonstrasi sesuai dengan apa yang ia ketahui. Setelah itu memanfaatkan media audio visual berupa LCD proyektor yang mana dalam vidio itu menceritakan sebuah proses ibadah yang satu terdapat cerita lucu dan yang satu menggambarkan sebuah proses suatu ibadah yang rinci dan tertib. Usaha guru untuk meningkatkan berpikir kritis siswa yaitu dalam penerapan metode ini guru juga merangsang pikiran siswa dengan cara menghubungkan sebuah materi dengan masalah atau fakta yang ada di masyarakat lalu mengkaji hukumnya bersama-sama. (3) Kreativitas guru dalam menerapkan metode ceramah untuk meningkatkan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung tergambar pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas. Bentuk kreativitas guru dalam penerapan metode ceramah yaitu dalam penyampaian materi guru membawakannya dengan santai namun dapat mencapai tujuan pembelajaran, menciptakan suasana kelas nyaman dan tidak menegangkan dengan peka terhadap keadaan siswanya, memancing siswa untuk memberikan feedback dari materi yang disampaikan, siswa disuruh untuk membuat catatan penting terkait materi, memanfaatkan LCD proyektor, dan juga guru membuat cerita lucu bahkan sesekali guru bernyanyi. Meningkatkan berpikir kritis siswa dapat dilakukan dengan cara memotivasi dan membiasakan anak untuk lebih rajin lagi membaca buku-buku fiqh yang relefan dan menstimulus siswa untuk berpikir sehingga dari hasil berpikir anak itu dapat menghasilkan sebuah pertanyaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133264 ULFA BADDRIYATUZ ZAHRO
Date Deposited: 27 Jul 2017 06:22
Last Modified: 27 Jul 2017 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5537

Actions (login required)

View Item View Item