PELAKSANAAN KEGIATAAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK SISWA (Studi Kasus Di MIN 3 Tulungagung)

OVILIA SARI, 12205193277 (2023) PELAKSANAAN KEGIATAAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK SISWA (Studi Kasus Di MIN 3 Tulungagung). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (566kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ovilia Sari, NIM. 12205193277. 2023. Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakteristik Siswa (Studi Kasus Di MIN 3 Tulungagung). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata Kunci: Pelaksanaan Keagamaan, Membentuk Karakter Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter siswa. Pendidikan karakter dapat dipahami sebagai upaya penanaman kecerdasan dalam berpikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengalaman dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interakasi dengan Tuhannya, dirinya sendiri, antar sesama, dan lingkungannya. Dimana masih terdapat siswa yang karakternya kurang baik dengan ditandai cara berpakaian dan sikap kurang sopan kepada pendidik, kurangnya kedisiplinan, kejujuran, dan rasa tanggung jawab sebagai siswa. Fokus dan tujuan penelitian dalam penulisan ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter jujur siswa MIN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter disiplin siswa MIN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2022/2023. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa MIN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan atau studi kasus dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif serta melalui pendekatan data empiris. Sumber penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan keagaman dalam membentuk karakter jujur siswa melalui proses dengan menggunakan berbagai metode penugasan, pembiasaan, pendekatan penanaman nilai, dan keteladanan. (2) Pelaksanaan kegiatan keagaman dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui proses dengan menggunakan berbagai metode pembiasaan, ceramah dan keteladanan. (3) Pelaksanaan kegiatan keagaman dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa melalui proses dengan menggunakan berbagai metode pemberian tugas, pendekatan dan pembiasaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193277 OVILIA SARI
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:44
Last Modified: 30 Dec 2024 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55374

Available Versions of this Item

  • PELAKSANAAN KEGIATAAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK SISWA (Studi Kasus Di MIN 3 Tulungagung). (deposited 30 Dec 2024 02:44) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item