PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI SUGIHAN KAMPAK TRENGGALEK

EKA SITI NUR AZIZAH, 2817133040 (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI SUGIHAN KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek”, ditulis oleh Eka Siti Nur Azizah, NIM 2817133040, dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Katakunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing, Hasil Belajar Latar belakang dari hasil penelitian pada kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek yang diuraikan dalam skripsi ini adalah masih terdapatnya kesulitan belajar dalam memahami pokok bahasan zakat fitrah oleh peserta didik, pembelajaran yang sifatnya masih teacher center, kurang aktifnya peserta didik saat pembelajaran fiqih, masih membudayanya sikap malu bertanya dan takut mengutarakan pendapat, suasana kelas yang kurang kondusif, dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing mata pelajaran fiqih pokok bahasan zakat fitrah pada peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing mata pelajaran fiqih pokok bahasan zakat fitrah pada peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek tahun ajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing mata pelajaran fiqih pokok bahasan zakat fitrah pada peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek tahun ajaran 2016/2017, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing mata pelajaran fiqih pokok bahasan zakat fitrah pada peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek yang terdiri dari 13 putra dan 15 putri. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Sedangkan analisis data yang digunakan mencangkup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu penguasaan materi peserta didik dan hasil belajar yang didapatkan setidaknya dapat mencapai KKM >75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan zakat fitrah kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek dengan langkah-langkahnya yaitu: 1). Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok yang heterogen, 2). Setiap anggota kelompok diberikan tugas untuk membuat daftar pertanyaan seputar materi yang telah diajarkan, 3). Guru memasangkan antar kelompok yang berbeda dan dengan posisi saling sejajar dan berhadapan layaknya seperti 2 bambu yang disejajarkan, 4). Masing-masing anggota kelompok yang telah berpasangan saling bertanya jawab dan berbagi informasi dari daftar pertanyaan yang telah dibuatnya. Dan hal ini dilakukan secara bergeser searah dengan putaran jarum jam sampai kembali pada posisi semula, 5). Setelah selesai berbagi informasi maka hasil yang didapatkan di dirangkum dalam selembar kertas kemudian di bacakan di depan kelas, 6). Mengerjakan tugas lembar kerja kelompok dan didiskusikan untuk mencari jawaban kebenarannya, 7). Adanya review kembali dari guru sebagai jembatan untuk menanggulangi salah penafsiran dari materi yang telah dipelajari. Hasilnya dapat meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya nilai akhir yang didapatkan oleh peserta didik dari pemberian lembar evaluasi. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata yang didapatkan adalah 42,14 dengan presentase ketuntasan 10,71%, dilanjutkan pada siklus I yang memperoleh nilai rata-rata sebanyak 67,5 dengan presentase ketuntasan 42,85% dan naik secara signifikan pada siklus II dengan nilai rata-rata yang didapatkan sebesar 77,5 dan presentase ketuntasan mencapai 82,14%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133040 EKA SITI NUR AZIZAH
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:14
Last Modified: 28 Jul 2017 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item View Item