MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS RISET DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK ( Studi Multisitus MAN 1 Tulungagung dan MAN 2 Tulungagung)

KUNI AZIZAH, 1880501220017 (2024) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS RISET DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK ( Studi Multisitus MAN 1 Tulungagung dan MAN 2 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Manajemen Kurikulum Berbasis Riset Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta didik (Studi Multisitus MAN 1 Tulungagung dan MAN 2 Tulungagung)” ini ditulis oleh Kuni Azizah dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Munarji, M.Ag dan Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Berbasis Riset. Penelitian tesis ini dilatar belakangi oleh adanya madrasah berbasis riset yang membuka jurusan riset untuk belajar bersama dan mendalami riset. Pengembangan budaya riset yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adanya madrasah berbasis riset dapat mendorong siswa untuk terus berprestasi dibidang riset. Fokus penelitian ini adalah fokus penelitian studi situs pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut manajemen kurikulum berbasis riset dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 2 Tulungagung. Dengan pertanyaan penelitian (1) Bagaimana perencanaan kurikulum berbasis riset dalam meningkatkan prestasi peserta didik? (2) bagaimana pengorganisasian kurikulum berbasis riset dalam meningkatkan prestasi peserta didik? (3) Bagaimana pelaksanan kurikulum berbasis riset dalam meningkatkan prestasi peserta didik? (4) Bagaimana evaluasi kurikulum berbasis riset dalam meningkatkan prestasi peserta didik? (5) Bagaimana tindak lanjut perencanaan kurikulum berbasis riset dalam meningkatkan prestasi peserta didik? Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus, sumber data diambil dari person, place dan paper dengan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan kurikulum berbasis riset dikedua sekolah dengan adanya surat keputusan madrasah berbasis riset, membuat riset menjadi muatan lokal dan membuka kelas riset. (2) pengorganisasian kurikulum berbasis riset yaitu dengan mengelompokkan peserta didik yang minat dan mampu dibidang riset serta memilih koordinator kelas riset. (3) Pelaksanaan kurikulum berbasis riset yaitu dengan adanya pembelajaran riset yang masuk dalam intrakurikuler yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik dibawah naungan waka kurikulum. (4) Evaluasi kurikulum berbasis riset dengan melakukan penilaian dan pengukuran yang dilakukan di setiap rapat awal tahun dan di akhir tahun (5) tindak lanjut kurikulum berbasis riset yaitu dengan melakukan konsistensi pembelajaran dan terus mendorong siswa untuk mengkuti event-event riset.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220017 KUNI AZIZAH
Date Deposited: 31 Dec 2024 06:05
Last Modified: 31 Dec 2024 06:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55396

Actions (login required)

View Item View Item