PONDOK PESANTREN AL KAMAL BLITAR 1940-1999

IDA KURNIA NILANDA, 126307201002 (2024) PONDOK PESANTREN AL KAMAL BLITAR 1940-1999. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal mengenai sejarah berdiri, perkembangannya dari segi fisik dan kurikulum, serta mengetahui bagaimana kontribusinya dalam masyarakat. Terdapat tiga rumusan masalah, pertama bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal? kedua, bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal dari tahun 1940-1999? ketiga, bagaimana peran Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal dalam masyarakat? Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan lima tahapan, pemilihan topik, heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Beberapa hasil temuan, antara lain: pertama, Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal berdiri pada tahun 1940 oleh KH. Mansur, sebagaimana tahun tersebut tertulis dalam prasasti yang berada di masjid jami’ Al Kamal. Berdiri dengan bentuk awal berupa langgar/majlis ta’lim yang kemudian berkembang menjadi pondok pesantren. Kedua, perkembangan Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal yang awalnya bangunan sederhana hingga memiliki sarana dan program-program unggul bagi santri, seperti: bangunan asrama, masjid, pengembangan bahasa Arab dan Inggris, madrasah diniyah dan program lainnya. Ketiga Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal sebagai lembaga juga berperan dalam masyarakat dalam beberapa bidang seperti pendidikan dan sosial keagamaan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal mengalami proses yang panjang hingga menjadi pondok pesantren besar. Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal terus berupaya memberikan sarana dan fasilitas yang baik untuk para santrinya. Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal juga berperan aktif dalam masyarakat melalui program dan lembaga-lembaga di bawahnya, seperti menyediakan fasilitas pendidikan formal dan panti asuhan. Kata Kunci: Kontribusi, Perkembangan, Sejarah

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: 126307201002 IDA KURNIA NILANDA
Date Deposited: 31 Dec 2024 07:31
Last Modified: 31 Dec 2024 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55406

Actions (login required)

View Item View Item