ADISA HAYU PRASANIA, 126201201031 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM BAGI SISWA PENGGEMAR K-POP DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (851kB) |
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (502kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (388kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (498kB) |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (400kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim Bagi Siswa Penggemar K-Pop di MTsN 6 Tulungagung”, ini ditulis oleh Adisa Hayu Prasania NIM. 126201201031, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci : Peran Guru, Kepribadian Muslim, Penggemar K-Pop Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya budaya populer K-Pop (Korean Pop) di Indonesia yang telah merambah di segala kalangan masyarakat, termasuk remaja. Pada lingkup sekolah, baik tingkat SMP/MTs maupun SMA/MA, banyak siswa yang telah menyukai bahkan mengidolakan artis K-Pop. Budaya K-Pop membawa dampak positif dan negatif bagi mereka yang menyukainya. Dampak negatif inilah yang dikhawatirkan bisa menjadikan kepribadian siswa muslim menyimpang dari ajaran Islam. Oleh karena itu, diperlukan peran guru akidah akhlak untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Islam agar bisa membentuk kepribadian muslim siswa agar tetap bisa sesuai dengan agama Islam. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membentuk kepribadian muslim bagi siswa penggemar K-Pop di MTsN 6 Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam membentuk kepribadian muslim bagi siswa penggemar K-Pop di MTsN 6 Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam membentuk kepribadian muslim bagi siswa penggemar K-Pop di MTsN 6 Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak, waka kurikulum, kepala madrasah, dan siswa penggemar K-Pop di MTsN 6 Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membentuk kepribadian muslim bagi siswa penggemar K-Pop di MTsN 6 Tulungagung yaitu dengan mengajarkan nilai-nilai nilai-nilai akidah dan moral atau akhlak, yakni mengajarkan tentang iman, etika, perilaku yang baik, dan bagaimana menerapkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari, mengajarkan pentingnya ibadah dalam kehidupan sehari-hari, serta mengajarkan kepada siswa bagaimana adab yang baik kepada orang tua dan guru juga bagaimana dalam hubungan sesama temannya. Selain itu, adanya kegiatan pembiasaan shalat berjamaah dan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun) di madrasah, menjadi sarana bagi guru untuk mendidik siswa dalam pentingnya ibadah dan akhlak yang baik bagi seorang muslim. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam membentuk kepribadian muslim bagi siswa penggemar K-Pop di MTsN 6 Tulungagung yaitu dengan membimbing dalam hal ibadah dan akhlak, membimbing mereka bagaimana melakukan ibadah yang benar sesuai ajaran Islam dan memotivasi mereka untuk memprioritaskan ibadah sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, sehingga dengan hal ini diharapkan siswa penggemar K-Pop bisa menempatkan kegemarannya pada posisi yang tidak mengganggu kewajiban mereka sebagai seorang muslim, guru juga membimbing melalui kegiatan pembelajaran tentang akhlak dalam Islam, mengarahkan siswa untuk berpakaian rapi berbicara yang sopan dan santun, dan berperilaku baik dengan siapa saja, termasuk kepada orang tua, guru, dan sesama teman. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai teladan yaitu dengan memberikan keteladanan dalam hal ibadah dengan melaksanakan ibadah shalat tepat waktu yang ditunjukkan melalui kegiatan pembiasaan, memberikan keteladanan dengan selalu berpakaian rapi dan sopan, bertutur kata yang baik, memberikan contoh untuk bisa mengambil sisi positif dari minat yang dimiliki, seperti ketika guru mengajar memberikan contoh materi pelajaran dengan dikaitkan kepada sebuah lagu. Hal ini tentunya menjadi contoh bagi siswa yang menyukai K-pop untuk bisa mengambil sisi positif dari minatnya terhadap K-pop.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201031 ADISA HAYU PRASANIA |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 06:27 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 06:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55433 |
Actions (login required)
View Item |