HUSNAL LU’LUUIL MAQNUN, 2817133065 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS II-A MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (948kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (12kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Download (246kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Download (312kB) |
||
|
Text
BAB 3.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Peserta Didik Kelas IIA MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Husnal Lu’luuil Maqnun, NIM. 28171 33065, pembimbing Drs. Muh. Kharis, M.Pd. Kata kunci: Team Quiz, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan dan hasil belajar Al-Quran Hadits peserta didik kelas II-A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menggunakan metode pembelajaran aktif tipe team quiz dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan metode pembelajaran aktif tipe team quiz ini diharapkan mampu membuat peserta didik lebih memahami materi sehingga hasil belajar dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran aktif tipe team quiz pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan QS. Al-Fiil peserta didik kelas II-A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran aktif tipe team quiz pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan QS. Al-Fiil peserta didik kelas II-A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan QS. Al-Fiil peserta didik kelas II-A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan QS. Al-Fiil peserta didik kelas II-A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini bermanfaat bagi kepala MI Darussalam Ngentrong untuk menentukan kebijakan sekolah, bagi guru MI Darussalam Ngentrong sebagai rujukan dalam menerapkan metode pembelajaran dalam mengembangkan kegiatan belajar mengajar, bagi peserta didik sebagai motivasi dalam belajar untuk meningkatkan hasil belajarnya bagi peneliti lain sebagai acuan dan referensi untuk penelitian sejenis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II-A MI Darussalam Ngentrong dengan jumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang dicapai dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 75. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran aktif tipe team quiz pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan QS. Al-Fiil peserta didik kelas II-A MI Darussalam Ngentrong ini meningkat dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas peserta didik siklus 1 sebesar 84% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95%. Selain itu, penerapan metode pembelajaran aktif tipe team quiz ini juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai peserta didik yang semakin meningkat. Nilai rata-rata pre test peserta didik adalah 66,32 dengan persentase ketuntasan 26,09%. Nilai rata-rata peserta didik pada post test siklus I adalah 74,38 dengan persentase ketuntasan 56,52%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik meningkat pada post test siklus II menjadi 84,02 dengan persentase ketuntasan 86,96%. Data tersebut membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif tipe team quiz dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Al-Quran Hadits peserta didik kelas II-A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133065 HUSNAL LU’LUUIL MAQNUN |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 06:46 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5545 |
Actions (login required)
View Item |