NASHRUL ABDUL AZIZ, 1880506220016 (2025) PENGEMBANGAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA BELAJAR FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASILBELAJAR PESERTA DIDIK MTs NEGERI 3 KEDIRI. [ Thesis ]
Text
Cover.pdf Download (394kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (116kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (53kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (78kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (224kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Tiktok Sebagai Media Belajar Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MTs Negeri 3 Kediri” yang ditulis oleh Nashrul Abdul Aziz, Nomor Induk Mahasiswa 188050622016 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media Belajar, Tiktok, Motivasi dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak pengguna tiktok yang dilansir dari beberapa media ternama. Sehingga memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar. Adapun pengguna adalah kebanyakan generasi muda yang masih berstatus usia sekolah. Sehingga waktu untuk belajar menjadi kurang mendapat perhatian dan kontrol. Dengan sebab tersebut menjadi salah satu latarbelakang menurunnya motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian peneliti memiliki inisiatif untuk mengembangkan tiktok sebagai media belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana desain pengembangan media Tiktok sebagai Media Belajar Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MTs Negeri 3 Kediri, 2) Bagaimana penerapan pengembangan Tiktok sebagai Media Belajar Fiqih pada MTs Negeri 3 Kediri layak digunakan dalam pembelajaran. 3) Bagaimana pengaruh pengembangan Tiktok sebagai Media Belajar Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MTs Negeri 3 Kediri digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa disebut dengan research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Angket digunakan untuk validasi ahli dan peserta didik, angket digunakan sebagai validasi dan motivasi belajar peserta didik sedangkan soal tes digunakan pada penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini : 1) pengembangan tiktok sebagai media belajar dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik MTs Negeri 3 Kediri dengan langkah ADDIE terdapat tahap ujicoba dan revisi sehingga menjadikan media ini layak digunakan sebagai media belajar 2) Besaran kelayakan yang diperoleh adalah pada ahli media adalah sebesar 79% atau layak digunakan, pada ahli bahasa sebesar 82% dengan predikat sangat layak, serta ahli materi adalah 93% dengan predikat sangat layak, instrumen test adalah 93% dengan predikat sangat layak. 3) pada hasil uji coba kelompok kecil, ujicoba kelompok menengah, dan ujicoba kelompok besar. Pada kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang didapatkan hasil bahwa pada pengujian pengaruh pengembangan tiktok yang diterapkan sebagai media belajar dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar, pada kelomok kecil mendapat nilai sig. 0,175 > dari 0,05 pada variabel motivasi belajar, dan mendapat nilai sig. 0,889 > 0,05 pada variabel hasil belajar, maka Ho diterima dan Hα ditolak, maka kesimpulannya dari dua variabel tersebut tidak terdapat pengaruh. Sedangkan pada kelompok menengah adalah dengan jumlah respoden 34 masing-masing kelas dengan mengambil dua kelas. Sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasilnya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan tiktok sebagai media belajar fiqih dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik MTs Negeri 3 Kediri. Dan untuk kelompok besar didapatkan hasil output Multivariate diatas meunjukkan bahwa nilai F untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root pada media memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,001 < 0,005.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Media Sosial Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1880506220016 NASHRUL ABDUL AZIZ |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 05:08 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 05:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55456 |
Actions (login required)
View Item |