PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR

SRI RAHAYU, 2817133188 (2017) PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “penerapan metode two stay two stray dengan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas V MIN Sumberjati Kademangan Blitar tahun ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Sri Rahayu NIM.2817133188, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Fathul Mujib, M.Ag NIP. 19750523 200604 1 002. Kata Kunci: two stay two stray (TSTS), Audio Visual, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Akidah Akhlak di MIN Sumberjati ini masih terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran, diantaranya adalah: 1) adanya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak kurang bervariatif, misalnya ceramah, Tanya jawab, dan diskusi. Ada kalanya siswa akan merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar, dan kalupun diadakan Tanya jawab siswa yang aktif akan mendominasi siswa yang kurang aktif atau bahkan tidak aktif serta tak semua siswa juga berani menyatakan pendapatnya. 2) perolehan hasil belajar /prestasi Akidah Akhlak beberapa siswa kelas V yang masih dibawah KKM sekolah yaitu kurang dari 75. Hal ini juga disampaikan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak yang bersangkutan. Bahwasanya prestasi belajar siswa khususnya kelas V pada mata pelajaran Akidah Akhlak masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh siswa setiap diadakan ulangan harian yang masih dibawah KKM. Dan terlihat bahwa partisipasi beberapa siswa rendah dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) bagaimana penerapan Metode Two Stay Two Stray dapat dikembangkan/dimodifikasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq materi menghindari Akhlak tercela yang dimiliki Qarun melalui penerapan metode two stay two stray (TSTS) dengan media Audio Visual peserta didik kelas V MIN Sumberjati Kademangan Blitar Tahun Ajaran 2016/2017? 2) bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi menghindari Akhlak tercela yang dimiliki Qarun melalui penerapan metode two stay two stray (TSTS) dengan media Audio Visual peserta didik kelas V MIN Sumberjati Kademangan Blitar Tahun Ajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian tersebut adalah: 1) mendeskripsikan peningkatan kerja sama pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi menghindari Akhlak tercela yang dimiliki Qarun melalui penerapan metode two stay two stray (TSTS) dengan media Audio Visual peserta didik kelas V MIN Sumberjati Kademangan Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi menghindari Akhlak tercela yang dimiliki Qarun melalui penerapan metode two stay two stray (TSTS) dengan media Audio Visual peserta didik kelas V MIN Sumberjati Kademangan Blitar Tahun ajaran 2016/2017 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan keaktifan belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas V MIN Sumberjati Kademangan Blitar. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode two staytwo stray (TSTS), akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas V MIN Sumberjati kademangan Blitar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awal Pre Test hingga siklus II yaitu, hasil belajar siswa pada saat Pre Test (54,7%), siklus I (56,3%), siklus II (87,4%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas V MIN Sumberjati Kademangan Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133188 Sri Rahayu
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:20
Last Modified: 28 Jul 2017 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5548

Actions (login required)

View Item View Item