ABD. HARIS AL FITHON, 12211183048 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS VIII SMP ISLAM AR RAHMAN JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (688kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Fenomena kurang optimalnya motivasi dan hasil belajar siswa sehingga dapat menjadikan tujuan pembelajaran belum bisa tercapai secara maksimal. Hal ini disebabkan karena saat menyampaikan materi pembelajaran, khususnya mata pelajaran IPA, guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Oleh karena itu, hendaknya pendidik mengubah model pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa saat proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran tersebut dilakukan dengan pemberian masalah kepada siswa dan diminta untuk menyelesaikannya. Model pembelajaran tersebut dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa saat proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui terdapatnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada materi Hukum Newton kelas VIII. (2) Mengetahui terdapatnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton kelas VIII. (3) Mengetahui terdapatnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain posttest only control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), variabel terikat berupa motivasi belajar dan hasil belajar, serta variabel kontrol adalah kelas VIII A SMP Islam Ar-Rahman Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Islam Ar-Rahman Jombang sebanyak 120 siswa. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T-test (Independen Sampling T-test) dan uji Multivarians Analysis of Varians (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada materi Hukum Newton kelas VIII SMP Islam Ar-Rahman Jombang dengan nilai sig 0.000 < 0.05. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton kelas VIII SMP Islam Ar-Rahman Jombang. dengan nilai sig 0.000 < 0.05. (3) Terdapat pengaruh Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton kelas VIII SMP Islam Ar-Rahman Jombang. dengan nilai sig 0.000 < 0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika > Fisika terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183048 ABD. HARIS AL FITHON |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 01:54 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 01:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55557 |
Actions (login required)
View Item |