MUHAMMAD IQBAL HATIFUDDIN, 126201202138 (2024) IMPLEMENTASI METODE FOLLOW THE LINE (FTL) DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MI PLUS WALI SONGO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (718kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Follow The Line (FTL) Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MI Plus Wali Songo Trenggalek” ditulis oleh Muhammad Iqbal Hatifuddin NIM. 126201202138, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci : Impementasi Metode Follow The Line, Baca Tulis Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yang bukan merupakan suatu tugas atau pekerjaan yang mudah. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an memerlukan metode yang tepat, karena metode adalah alat penting untuk mencapai tujuan. Dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan yang semakin pesat, metode pembelajaran yang digunakan untuk menunjang kemajuan pendidikan islam pastinya semakin berkembang dan bervariasi, salah satunya dengan hadirnya metode Follow The Line (FTL) dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MI Plus wali Songo Trenggalek. Metode ini merupakan metode yang dianggap baik dan mudah dipahami oleh siswa. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana konsep pembelajaran guru dalam mengoptimalisasi Metode Follow The Line (FTL) dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MI Plus Wali Songo?, (2) Bagaimana langkah-langkah penerapan Metode Follow The Line (FTL) pada peserta didik dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MI Plus Wali Songo Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kepercayaan (credibility). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Konsep pembelajaran guru dalam mengoptimalisasi Metode Follow The Line (FTL) dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an didasarkan pada pemahaman dan penerapan metode tersebut pada berbagai tingkatan kelas siswa. (2) Langkah – langkahnya yaitu persiapan guru dalam menyiapkan bahan ajar yang diperlukan, pengarahan awal kepada peserta didik mengenai tujuan pembelajaran dan cara menggunakan metode Follow The Line, guru mendemonstrasikan cara membaca dan menulis huruf - huruf Al-Qur’an dengan mengikuti garis panduan, peserta didik diberi kesempatan untuk berlatih dengan bimbingan langsung dari guru, setelah merasa cukup terbimbing peserta didik diberikan waktu untuk berlatih secara mandiri. Dan yang terakhir, guru mengevaluasi dan refleksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202138 MUHAMMAD IQBAL HATIFUDDIN |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:41 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55561 |
Actions (login required)
View Item |