PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AHKLAK UNTUK MENINGKATKAN HASI L BELAJARPESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA DONO SENDANG TULUNGAGUNG

AINUN NUR AZIZAH, 2817133007 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AHKLAK UNTUK MENINGKATKAN HASI L BELAJARPESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA DONO SENDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (933kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Pembelajaran Aqidah Ahklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung” ini ditulis oleh Ainun Nur Azizah NIM. 2817133007, Jurusa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif Examples Non Examples, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Pada mata pelajaran Aqidah Ahklak hasil belajar peserta didik relatif rendah dikarenakan sebagian peseta didik menganggap bahwa mata pelajaran Aqidah Ahklak adalah mata pelajaran yang kurang menarik. Selain itu, penggunaan metode yang monoton juga berpengaruh besar terhadap keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang kemudian dapat menjadikan hasil belajar peserta didik relatif rendah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Exampl dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Ahklak pada materi ahklak terpuji nabi dan rasul. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples ini diharapkan dapat mengaktifkan peserta didik dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Ahklak materi ahklak terpuji nabi dan rasul melalui model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada kelas IV MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung ?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Aqidah Ahklak materi ahklak terpuji nabi dan rasul melalui model pembelajaran kooperatif examples non examples pada kelas IV MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penigkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelaaran Aqidah Ahklak materi ahklak terpuji nabi dan rasul melalui model pembelajaran kooperatif tipe exaples non examples pada kelas IV MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Aqidah Ahklak materi ahklak terpuji nabi dan rasul melalui model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada kelas IV MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Aqidah Ahklak materi ahklak terpuji nbai dan rasul. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Aqidah Ahklak peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung. Sedangkan observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Aqidah Ahklak, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil penelitian ini adalah bahwa 1) penerapan model pembelajaran koopeatif tipe examples non examples pada mata pelajaran Aqidah akhlak materi akhlak terpuji nabi dan rasul dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik, adapun data yang diperoleh sebagai berikut: Pada siklus I peserta didik yang aktif dalam pmeblajaran Aqidah Akhlah materi akhlak terpuji nabi dan rasul diangka 45 atau 81,81% dengan angka maksimal 55. Di siklus II keaktifan peserta didik materi akhlak terpuji nabi dan rasul meningkat dari siklus I yaitu menjadi 49 atau 89,10% dengan angka maksimal 55. Jika dilihat antar siklus I dan Siklus II maka keaktifan peserta didik meningkat 4 atau 7,29%. 2) Penerapana model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Dono Sendang dalam pembelajaran Aqidah akhlak. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 79,54 peserta didik yang mendapat nilai > 75 sebanayak 18 peserta didik (81,81%) dan <75 sebanyak 4 peserta didik (18,18%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 87,22 peserta didik yang mendapat nilai > 75 sebanyak 20 peserta didik (90,90%) dan < 75 sebanyak 2 peserta didik (9,10%). Dengan demikian pada rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, yaiti sebesar 83,38 begitu pula pada ketuntasan belajar Aqidah Akhlak terjadi peningkatan sebesar 9,10% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133007 AINUN NUR AZIZAH
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:19
Last Modified: 27 Jul 2017 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5558

Actions (login required)

View Item View Item