MOHAMMAD NANDO IZZUDDIEN AL KARIIMY, 12205193126 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN WIDANG I KABUPATEN TUBAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (473kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mohammad Nando Izzuddien Al Kariimy, NIM. 12205193126. 2023. “Peran Guru dalam Menumbuhkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Widang 1 Kabupaten Tuban”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi, Minat Belajar Penelitian ini tentang peran guru untuk menumbuhkan motivasi dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Widang 1 Kabupaten Tuban. Motivasi belajar yang cukup tinggi akan meumbuhkan minat belajar peserta didik. Begitupun juga jika minat belajar peserta didik itu tinggi akan berdampak positif pada peran guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengidentifikasi peran guru sebagai pendidik dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Widang 1 Kecamatan Widang. 2) untuk mengidentifikasi peran guru dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Widang 1 Kecamatan Widang. 3) untuk mengidentifikasi hambatan guru dalam menumbuhkan motivasi dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Widang 1 Kecamatan Widang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara mendalam dan penelitian dokumen. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, data display (penyajian data), dan menarik kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peran guru sebagai pendidik dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Widang 1 bahwa guru guru harus menjadi teladan yang baik bagi pesert didik. 2) Peran guru dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN Widang 1 bahwa guru mengunakan metode, model, dan media pelajaran yang bervariasi seperti media puzzle, kartu bergambar, proyektor, laptop dan lainnya. 3) Hambatan guru dalam menumbuhkan motivasi dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN Widang 1 bahwa ada siswa yang belum bisa membaca karena keluarga broken home dan kurang mendapat dukungan, sarana dan prasarana sudah cukup baik akan tetapi hanya sedikit kurang lengkap, faktor keadaan keluarga seperti terjadi konflik akan cenderung pasif dalam proses belajar, malas dan kerap melamun, serta siswa malas dan tidak mempunyai semangat untuk belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193126 MOHAMMAD NANDO IZZUDDIEN AL KARIIMY |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 07:06 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 07:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55594 |
Actions (login required)
View Item |