PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI TSM-2 SMK NGUNUT PADA MATERI PROGRAM LINEAR TAHUN AJARAN 2016/2017

NURUL SOLEKAH, 2814133143 (2017) PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI TSM-2 SMK NGUNUT PADA MATERI PROGRAM LINEAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.Pdf.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.Pdf.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.Pdf.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.Pdf.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.Pdf.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.Pdf.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB 4.Pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.Pdf.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB 6.Pdf.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.Pdf.pdf

Download (206kB)

Abstract

Nurul, Solekah, 2814133143, 2017, “Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI TSM-2 SMK Ngunut pada Materi Program Linear Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Musrikah, M.Pd. Kata kunci: kemampuan representasi matematis, program linear. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan representasi matematis yang dimiliki siswa Sekolah Menengah Kejuruan masih rendah. Hal ini dikarenakan kemampuan representasi matematis bukan menjadi perhatian utama bagi pendidik. Perhatian yang lebih terpusat pada hasil belajar mengakibatkan proses berpikir dan kemampuan dalam menyampaikan ide-ide matematis siswa menjadi aspek yang kurang diperhatikan. Padahal kemampuan representasi matematis penting untuk dimiliki siswa, karena melibatkan proses berpikir siswa dalam menyelesaiakan suatu permasalahan serta melibatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan ide-ide matematisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) kemampuan representasi visual siswa kelas XI TSM-2, b) kemampuan simbolik siswa kelas XI TSM-2 dan c) kemampuan representasi verbal siswa kelas XI TSM-2.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran penelitisebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TSM-2 SMK Ngunut dengan subjek yang dipilih adalah 2 siswa kemampuan tinggi, 2 siswa kemampuan sedang dan 2 siswa kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan keajegan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kemampuan representasi visual siswa kelas XI TSM-2 SMK Ngunut sebagai berikut: Siswa kemampuan tinggi memiliki kemampuan representasi visual kategori tinggi dengan presentase skor sebesar 87,5%. Siswa kemampuan sedang memiliki kemampuan representasi visual kategori sangat rendah dengan presentase skor sebesar 37,5%. Adapun siswa kemampuan rendah memiliki kemampuan representasi visual kategori sangat rendah dengan presentase skor sebesar 25%; 2) Kemampuan representasi simbolik siswa kelas XI TSM-2 SMK Ngunut adalah sebagai berikut: Siswa kemampuan tinggi memiliki kemampuan representasi simbolik kategori tinggi dengan presentase skor sebesar 75%. Siswa kemampuan sedang memiliki kemampuan representasi simbolik kategori sangat rendah dengan presentase skor sebesar 18,75%. Adapun siswa kemampuan rendah memiliki kemampuan representasi simbolik kategori sangat rendah dengan presentase skor sebesar 0%; 3) Kemampuan representasi verbal siswa kelas XI TSM-2 SMK Ngunut sebagai berikut: Siswa kemampuan tinggi, siswa kemampuan sedang dan siswa kemampuan rendah memiliki kemampuan representasi verbal yang sama yaitu kategori sangat rendah. Siswa kemampuan tinggi memperoleh presentase skor sebesar 25%. Siswa kemampuan sedang memperoleh presentase skor sebesar 37,5%. Sedangkan siswa kemampuan rendah memperoleh presentase skor sebesar 12,5%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan representasi visual siswa dengan kemampuan tinggi termasuk kategori tinggi, siswa kemampuan sedang termasuk kategori sangat rendah dan siswa kemampuan sangat rendah termasuk kategori sangat rendah; 2) Kemampuan representasi simbolik siswa kemampuan tinggi termasuk kategori tinggi, siswa kemampuan sedang termasuk kategori sangat rendah dan siswa kemampuan sangat rendah termasuk kategori sangat rendah; 3) Sedangkan kemampuan representasi verbalsiswa kemampuan tinggi, siswa kemampuan sedang dan siswa kemampuan rendah termasuk kategori sangat rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133143 NURUL SOLEKAH
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:59
Last Modified: 28 Jul 2017 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5572

Actions (login required)

View Item View Item