STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK Di MTs AS SYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

INTAN NUR MEITASARI, 126207202050 (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK Di MTs AS SYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Intan Nur Meitasari. NIM. 126207202050. 2024. "Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Religius Peserta Didik Di Mts As Syafi’iyah Gondang Tulungagung". Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN). Pembimbing: Moh. Mashudi, M.Pd.I Kata kunci: Strategi, Peningkatan Budaya, Religius Kepala Madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam lembaga pendidikan, untuk mengelola lembaga pendidikan yang bernuansa religius dibutuhkan strategi yang profesional untuk meningkatkan budaya religius. Budaya religius di sekolah dapat membantu peserta didik untuk mengenal dan menerapkan akhakul karimah peserta didik untuk kehidupannya kelak. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan budaya religius peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan budaya religius peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang? 3) Bagaimana evaluasi strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan budaya religius peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif , jenis penelitian menggunakan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data pada penelitian yaitu pengumpulan data, kondensasi data,penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, menggunakan bahan referensi, triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitiannya adalah: 1) Pada tahap perencanaaan, pedoman dalam merumuskan perencanaan sesuai dengan visi dan misi MTs Assyafi’iyah Gondang, untuk meningkatkan budaya religius pada siswa Kepala Madrasah MTs Assyafi’iyah Gondang setiap tahunnya mengadakan rapat untuk menyusun program harian dan program tahunan, serta membuat tata tertib dan absensi agar peserta didik lebih disiplin dalam melaksanakan kegiatan keagamaan 2) Pada tahap pelaksanaan, Kepala Madrasah memberikan strategi berupa strategi pembiasaan, strategi keteladanan, strategi kemitraan kepada siswa-siswanya. 3) Pada tahap evaluasi, Kepala Madrasah melakukan pengawasan secara masif terhadap siswasiswanya, setelah itu pada setiap minggunya dilakukan evaluasi untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan, meningkatkan dan mempertahankan yang sudah maksimal. Faktor pendukung dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang adalah Bapak& Ibu guru yang selalu menjadi teladan untuk peserta didik dan faktor penghambatnya adalah pengaruh lingkungan negatif dari luar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207202050 INTAN NUR MEITASARI
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:04
Last Modified: 04 Feb 2025 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55804

Actions (login required)

View Item View Item