PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DIGITAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI FUNGI DI KELAS X MAN 1 KEDIRI

RAHADIAN ZULVI BAYU NAZARUDDIN, 12208183108 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DIGITAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI FUNGI DI KELAS X MAN 1 KEDIRI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan Lembar Kerja Siswa digital untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi fungi dilatar belakangi atas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era society 5.0 saat ini yang mengharuskan pembelajaran interaktif berbasis online/daring tanpa tatap muka di kelas. Pada kondisi ini siswa sulit dalam menerima pebelajaran. Ketersediaan bahan ajar bagi guru juga menjadi faktor capaian pembelajaran, guru perlu memiliki kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran yang tepat. Solusi peneliti dalam mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan media interaktif selama pembelajaran. Selama kegiatan observasi awal, ditemukan fakta bahwa siswa cukup kesulitan dalam menerima pembelajaran materi fungi di kelas. Faktor yang melatar belakangi masalah tersebut adalah banyaknya istilah dan sub materi yang perlu di pelajari, penggunaan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah dan media buku tidak cukup membantu siswa dalam meningktkan aspek kognitif yang harus dicapai. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah (1) mendiskripsikan pengembangan Lembar Kerja Siswa digital pada materi fungi kelas X MAN 1 Kediri. (2) mendiskripsikan kelayakan Lembar Kerja Siswa digital pada materi fungi di kelas X MAN 1 Kediri. (3) mengetahui efektifitas Lembar Kerja Siswa digital untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fungi kelas X MAN 1 Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di MAN 1 Kediri, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 2 (kelas kontrol). Pembelajaran di kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan media buku dan papan tulis. Sebaliknya, pada kelas ekperimen peneliti menggunakan media LKS digital terhadap peningkatan aspek kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental, desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Peneliti juga menggunakan uji hipotesis melalui uji Independet T-test non parametrik atau pengujian Man Whitney, data yang diperoleh melalui mekanisme wawancara, angket, dokumentasi dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah LKS digital materi fungi bagi kelas X yang dikembangkan menggunakan model ADDIE. Susunan LKS digital mencakup Cover, Pendahuluan, Isi, dan Penutup dengan deain yang menarik dan interaktif. Hasil Penelitian Lembar Kerja Siswa digital yang diperoleh (1) mengetahui pengembangan Lembar Kerja Siswa digital pada materi fungi di kelas X MAN 1 Kediri (2) mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa digital pada materi fungi di kelas X MAN 1 Kediri, (3) mengetahui efektivitas Lembar Kerja Siswa digital untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fungi di kelas X MAN 1 Kediri. Penggunaan Lembar Kerja Siswa digital dalam penelitian ini sudah divalidasikan oleh dosen materi dan media, dari hasil penelitian yang telah dilakukan keduanya menunjukkan kelayakan penerapan Lembar Kerja Siswa digital sebagai media pembelajaran, dan ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti menunjukkan perbandingan nilai di kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol, pengujian data hasil penelitian ini mengunakan uji Man Whitney (non parametrik). Perbandingan hasil yang ditemukan sejalan dengan jawaban dari hipotesis peneliti yaitu nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan Lembar Kerja Siswa digital layak dan efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada materi fungi di kelas X MAN 1 Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Fungi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183108 RAHADIAN ZULVI BAYU NAZARUDDIN
Date Deposited: 05 Feb 2025 23:49
Last Modified: 05 Feb 2025 23:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55841

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item