MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI 6 TAHUN TAMBAKBOYO BLITAR

TIARA BINTI ROSYADA, 12207183069 (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI 6 TAHUN TAMBAKBOYO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (401kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI 6 Tahun Tambakboyo Blitar. Manajemen sarana dan prasarana sangat penting untuk setiap lembaga pendidikan. Manajemen sarana dan prasarana sendiri merupakan kegiatan mengelola atau mengatur untuk menyiapkan segala kebutuhan sarana dan prasarana demi terpenuhinya proses pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh sebab itu, diharapkan diharapkan pihak lembaga Madrasah dapat mengelola sarana dan prasarana dengan baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya, agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI 6 Tahun Tambakboyo Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI 6 Tahun Tambakboyo Blitar? (3) Bagaimana evaluasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI 6 Tahun Tambakboyo Blitar?. Skripsi ini bertujuan (1) Mendeskripsikan perencanaan sarana dan Prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI 6 Tahun Tambakboyo (2) Mendeskripsikan pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI 6 Tahun Tambakboyo (3) Mendeskripsikan evaluasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI 6 Tahun Tambakboyo. xvii Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MI 6 Tahun Tambakboyo Blitar yang menjadi sumber informasi data untuk mendapatkan gambaran, jawaban dan hasil dari manajemen saranan dan prasarana di madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan 3 tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) Perencananaan sarana dilaksanakan pada saat rapat kerja wal semester dan dimulai dengan menganalisis kebutuhan, perencanaan melibatkan Kepala Madrasah, Koordinator sarana dan prasarana, dan juga bapak ibu guru. Perencanaan dilihat dari segi prioritas kebutuhan dan juga anggaran dana yang ada. (2) Pelaksanaan sarana dan prasarana terdiri dari (a) pengadaan sarana dan prasarana disesuaikan dengan yang direncanakan dan anggarana dana yang ada. (b) Inventarisasi dilaksanakan oleh Koordinator sarana dan prasarana dibantu oleh staf tata usaha dengan cara pencatatan dalam buku Inventaris (c) Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan dengan dua cara, pemeliharaan secara rutin yang dilakuakan oleh seluruh warga Madrasah dan pemeliharaan darurat apabila menerima laporan dari warga Madrasah kehilangan dan barang yang rusak. (3) evaluasi sarana dan prasarana dilaksanakan setiap 6 bulan sekali dengan cara mengevaluasi kegiatan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana untuk mengetahui sejauh mana kagitan atau program yang terealisasikan dan apa saja kekurangan-kekurangan dalam sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183069 TIARA BINTI ROSYADA
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:21
Last Modified: 07 Feb 2025 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55863

Actions (login required)

View Item View Item