Andrianto, Daru (2014) Pelaksanaan Ibadah Siswa di SDN Kanigoro 03 Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN AWAL SKRIPSI .pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 .pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa ibadah merupakan komponen penting dalam kehidupan yang tidak dapat disepelekan namun seringkali terlupakan. Apalagi keberadaan sekolah juga tidak dapat diacuhkan dalam proses pembinaan ibadah siswa itu sendiri. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan pelaksanaan ibadah di SDN Kanigoro 03. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk- bentuk pelaksanaan ibadah siswa di SDN Kanigoro 03? (2) Bagaimanakah evaluasi pelaksanaan ibadah siswa di SDN Kanigoro 03? (3) Apakah faktor penghambat pelaksanaan ibadah siswa di SDN Kanigoro 03? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bentuk- bentuk ibadah siswa di SDN Kanigoro 03. 2) Untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan ibadah siswa di SDN Kanigoro 03. 3) untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan ibadah siswa di SDN Kanigoro 03. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SDN Kanigoro 03, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi guru SDN Kanigoro 03 sebagai dasar pelaksanaan ibadah siswa. Bagi siswa SDN Kanigoro 03 sebagai bahan kajian dan renungan dalam meningkatkan pelaksanaan ibadah siswa. Bagi para peneliti atau pembaca lain sebagai bahan renungan atau masukan untuk peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Beberapa metode ini digunakan untuk menggali informasi yang lengkap tentang pelaksanaan ibadah disekolah tersebut. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, confirmability, transferability, dan dependability. Setelah peneliti mengadakan penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1) pelaksanaan ibadah siswa berjalan dengan baik. Ibadah sholat dhuha, sudah cukup banyak yang memiliki kesadaran, sehingga tanpa disuruh sudah langsung melaksanakannya. Dalam pelaksanaan tadarus Al qur’an siswa sudah mandiri, mulai dari membuat kelompok sampai menyiapkan peralatannya. Pelaksanaan sholat dhuhur berjama’ah berjalan cukup baik, setiap istirahat kedua sebagian besar siswa langsung menuju mushola untuk sholat berjama’ah. Peran Pembina disini adalah sebagai motivator yang mengajak siswa untuk terus aktif beribadah. 2) Evaluasi pelaksanaan ibadah siswa dilakukan untuk meningkatkan kegiatan ini ke depannya selain itu juga untuk member penghargaan kepada siswa yang rajin. Masing- masing guru memiliki cara sendiri- sendiri yang berbeda tapi tujuannya untuk menilai tingkat keagamaan siswa terebut. 3) Faktor penghambat pelaksanaan ibadah siswa meliputi dari pendidik dan peserta didik. Pendidik ketika ada tugas di luar tidak yang menggantikan sehingga tidak ada yang mengawasi siswa, sedangkan dari siswa yakni kesadaran yang masih rendah sehingga anak malas untuk beribadah. Disamping itu masih ada faktor lain seperti sarana dan prasarana rusak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 03:43 |
Last Modified: | 17 Dec 2014 03:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/559 |
Actions (login required)
View Item |