YUNIAR SAFIRLI, 12209193074 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI MOBILITAS SOSIAL KELAS VIII SMP MU’ALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mobilitas Sosial kelas VIII SMP Mu’allimin Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Yuniar Safirli, NIM. 12209193074, pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Mobilitas Sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh 1) Rendahnya keaktifan siswa berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan 2) Hasil Belajar siswa. Rendahnya tingkat keaktifan siswa berpikir kritis disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor eksternal berupa lingkungan dan faktor internal yang berupa kognitif dan kepribadian siswa. Hasil belajar siswa pada materi IPS juga belum tercapai KKM karena beberapapa faktor. Beberapa faktor tersebut adalah metode pembelajaran yang kurang menarik, kurangnya peran aktif siswa, pembelajaran masih berpusat pada guru, dan anggapan siswa bahwa pelajaran IPS merupakan pelajaran yang sulit dan selalu melekan dengan hafalan dll. Dengan demikian perlu adanya inovasi baru dalam proses pembelajaran IPS salah satunya dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah 1) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Mobilitas Sosial kelas VIII Di SMP Mu’allimin Wonodadi Blitar, 2) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Model Pembelajaran Problem Based Learning guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Mu’allimin Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif. Jenis penelitian Asosiatif ditujukan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel bebas, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dan Siswa terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP Mu’allimin Wonodadi Blitar yang berjumlah 60 Siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Pre-Test, PostTest, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis. Sedangkan dalam uji hipotesis yang peneliti gunakan adalah Uji One Way Annova. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji One Way Annova menunjukkan bahwa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,259. Ketentuan yang digunakan apabila nilai Sig. > 0,05 maka diperoleh nilai H o diterima dan Ha. Dari nilai tersebut diperoleh nilai H o diterima dan H a ditolak apabilai nilai Sig (2-tailed) 0,259 > 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “tidak ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning tehadap hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Mu’allimin Wonodadi Blitar”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193074 YUNIAR SAFIRLI |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 03:02 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |