RIZKIYATUL MAULIDIA, 126102211094 (2024) PANDANGAN GENERASI Z YANG SUDAH MENIKAH TERHADAP KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK UNTUK MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA (Studi Kasus Mahasiswa FASIH UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rizkiyatul Maulidia, 126102211094, Pandangan Generasi Z yang Sudah Menikah Terhadap Konten Media Sosial TikTok untuk Mewujudkan Ketahanan Keluarga pada Mahasiswa Fasih UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Jurusan Syariah Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Dosen Pembimbing: Dr. Nur Fadhilah, S.H.I., M.H. Kata Kunci: generasi z, konten media sosial tiktok, ketahanan keluarga, maqashid syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya konten relationship goals dan scary marriage di media sosial TikTok. Pandangan generasi Z yang sudah menikah dan sebagai pengguna media sosial menjadi isu yang menarik untuk dikaji dalam kaitannya dengan ketahanan keluarga. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa FASIH UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang sudah menikah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana realita konten media sosial TikTok tentang relationship goals dan scary marriage? 2) Bagaimana pandangan mahasiswa Fasih generasi Z yang sudah menikah terhadap konten media sosial TikTok untuk mewujudkan ketahanan keluarga? 3) Bagaimana pandangan mahasiswa Fasih generasi Z yang sudah menikah terhadap konten media sosial TikTok untuk mewujudkan ketahanan keluarga perspektif maqashid syari’ah? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan dan penelitian netnografi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konten relationship goals di media sosial TikTok menampilkan kerukunan dengan mertua, pola asuh yang baik terhadap anak, dan kemesraan terhadap pasangan yang hal ini menimbulkan komentar positif dan pengaruh untuk mewujudkan keluarga seperti konten tersebut. Adapun konten scary marriage menyajikan kekerasan dalam rumah tangga, perselingkuhan, dan kesalahan dalam memilih pasangan yang hal ini menimbulkan komentar negatif dan cemoohan bagi para penontonnya. 2) Pandangan mahasiswa Fasih yang sudah menikah adalah mengambil hal yang positif dan menghindari aspek negatif dari konten media sosial TikTok untuk mewujudkan ketahanan keluarga. Beberapa hal yang dilakukan oleh generasi Z ini adalah mengedepankan kejujuran, membagi waktu dengan pasangan dan anak, menunjukkan rasa kasih sayang, saling mendukung dalam pencapaian, dan menghadapi masalah bersama. 3) Ditinjau dari maqaṣid syariah, pandangan mahasiswa Fasih generasi Z yang sudah menikah terhadap konten media sosial TikTok untuk mewujudkan ketahanan keluarga selaras dengan tujuan menjaga agama (diin), jiwa (nafs), keturunan (nasl), harta (maal), dan akal (aql).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | 126102211094 RIZKIYATUL MAULIDIA |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 06:49 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 06:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |