DIYAH LESTARI, 12201183126 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (584kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Diyah Lestari, NIM 12201183126, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, Dosen Pembimbing Indah Komsiyah, Dr. Hj. Indah Komsiyah, M.Pd. NIP. 197605182007012021. Kata kunci : Peran Guru Akidah Akhlak, Membentuk Karakter, Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa peran guru akidah akhlak sangat berpengaruh dalam membentuk akhlak peserta didik. Oleh karena itu akhlak perlu selalu di didik dan di bimbing, agar dalam diri peserta didik dapat tertanamkan akhlak secara utuh sehingga menjadi anak yang memiliki akhlak yang baik. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai demonstrator dalam membentuk karakter sis wa di MTsN 6 Tulungagung (2) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam membentuk karakter siswa di MTsN 6 Tulungagung (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter siswa di MTsN 6 Tulungagung Pndekatan yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan peneliti dalam penelitian kualitatif ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik Data yang dianalisis akan diuji keabsahannya dengan Triangulasi data. Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa peran guru akidah akhlak (1)Sebagai demonstrator membentuk karater siswa di MTsN 6 Tulungagung dengan cara kegitan belajar mengajar di kelas maupun diluar kelas, dengan dan memberikan contoh yang baik kepada siswa,melalui program 5S. (2) Sebagai motivator dalam membentuk karakter siswa dengan memberikan reward (penghargaan), karya inspiratif dan menggerakkan minat siswa serta pemberian nasehat kepada siswa. (3)Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter siswa berasal dari diri siswa sendiri,pengaruh guru, pengaruh orang tua, pengaruh lingkungan sekolah, pengaruh teman sebaya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183126 DIYAH LESTARI |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 03:48 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |