SITA PUTRI NURUL AZIZAH, 126209202096 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS SISWA KELAS VII MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS Siswa Kelas VII MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Sita Putri Nurul Azizah NIM 126209202096, dibimbing oleh Anggoro Putranto, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: model jigsaw, media gambar, hasil belajar kognitif IPS Penggunaan model pembelajaran konvensional yang masih sering ditemui pada pembelajaran IPS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang rendah sehingga tujuan belajar tidak maksimal. Hal ini tidak lain karena kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang digunakan guru. Kegiatan belajar seharusnya dapat menarik minat siswa, menjadikan siswa percaya diri dan aktif, menghilangkan rasa bosan, ngantuk dan tidak fokus sehingga mengesankan pembelajaran yang monoton. Oleh hal demikian, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw menggunakan media gambar terhadap hasil belajar IPS kelas VII MTsN 6 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif IPS kelas VII MTsN 6 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh media gambar terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui hubungan model pembelajaran Jigsaw dan media gambar dengan hasil belajar kognitif IPS kelas VII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian yang dilakukan ini menetapkan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan angket hasil belajar dan tes. Desain penelitian dengan jenis quasi eksperimental, teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t-test dan uji regresi berganda. Hasil penelitian yang dilakukan di MTsN 6 Tulungagung yaitu: (1) Terdapat pengaruh model Jigsaw terhadap hasil belajar diperoleh nilai thit = 6.3312 > 1.6698 = nilai ttab dengan dk = 62 (64-2), artinya antara model Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa berpengaruh secara signifikan dengan bernilai posistif. (2) Terdapat pengaruh media gambar terhadap hasil belajar diperoleh nilai thit = 7,8562 > 1.6698 = nilai ttab dengan dk = 62 (64-2), artinya antara model Jigsaw berpengaruh secara signifikan dengan bernilai posistif terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa. (3) Terdapat hubungan model Jigsaw dan media gambar dengan hasil belajar kognitif IPS siswadiperoleh nilai sig.f Chaenge sebesar 0,013 < 0,05 dan nilai Rtabel = 0,349 < 0,508 = nilai Rhitung. Maka dari dua acara pengambilan keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel model Jigsaw dan variabel media gambar berhubungan signifikan secara stimultan (bersama-sama) terhadap variabel hasil belajar dengan tingkat korelasi 25,8%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202096 SITA PUTRI NURUL AZIZAH |
Date Deposited: | 09 May 2025 04:32 |
Last Modified: | 09 May 2025 04:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |