FADIA AMANDA PERTIWI, 126209203140 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA DI SMP NEGERI 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana Di SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Fadia Amanda Pertiwi NIM 126209203140, dibimbing oleh Dita Hendriani, M.A dan Anggoro Putranto, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci : tingkat pengetahuan, pengetahuan siswa,pelaksanaan program Kurangnya pemerataan program sekolah siaga bencana di sekolah yang lainnya, maka dari itu Pemerintah dengan adanya program melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hanya memberikan pendidikan kebencanaan secara indisental pasca terjadinya suatu bencana, maka pendidikan, sangat jarang atau bahkan tidak pernah diberikan. Kurang berjalannya program sekolah siaga bencana sehingga tidak optimal. Tantangan ini merupakan langkah dari ketersediaan panduan integrasi dan bahan ajar yang digunakan oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengetahui Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana di SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkatan pengetahuan siswa terhadap kebijakan pemerintah dalam implementasi sekolah siaga bencana di SMP Negeri 2 Trenggalek. 2) Pengetahuan siswa dalam implementasi sekolah siaga bencana di SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek. 3) Pelaksanaan program dalam implementasi terhadap sekolah siaga bencana di SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek. Jenis dan penelitian ini menggunakan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Data diperoleh demgan wawancara, observasi, dan dikumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti dengan dibantu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkatan pengetahuan siswa terhadap kebijakan pemerintah dalam implementasi program sekolah siaga bencana untuk meningkatkan kesadaran, membantu tindakan saat bencana dan mendorong keterlibatan aktif.. 2) Pengetahuan siswa mengenai program sekolah siaga bencana untuk dapat meningkatkan kesadaran, persiapan diri, keterampilan evakuasi, pengurangan risiko, penguatan komunitas, kesiapsiagaan mental, kerjasama, dan kepemimpinan dalam menghadapi bencana dan membantu orang lain. 3) Pelaksanaan program sekolah siaga bencana untuk inklusi edukasi, simulasi, kurikulum, rencana darurat, fasilitas, kerja sama komunitas, dan jaringan komunikasi. Tujuannya ciptakan lingkungan aman dan tanggap bencana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial > Geografi Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209203140 FADIA AMANDA PERTIWI |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:16 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 01:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |