BITA QIYATUL NIKMAH, 12209183047 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI MATERI PERSEBARAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI INDONESIA SISWA KELAS VII SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (916kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Materi Persebaran Hewan Dan Tumbuhan di Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 2 Ngantru” ini ditulis oleh Bita Qiyatul Nikmah, NIM. 12209183047, pembimbing Hendra Pratama, M. Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi Penelitian ini dilatar belakangi belum maksimalnya siswa dalam memahami materi ips dengan model pembelajaran saat ini yaitu menggunakan buku cetak dari sekolah. kegiatan pembelajaran yang terlalu monoton mengakibatkan peserta didik cenderung merasa bosan. permasalahan bertambah ketika pembelajaran dilaksanakan secara online yaitu minat belajar siswa berkurang dan mengalami menurun dalam hasil belajarnya. berdasarkan temuan permasalahan yang muncul peneliti berusaha melakukan inovasi baru yaitu mengembangkan media ajar video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat media pembelajaran animasi serta mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran animasi materi persebaran hewan dan tumbuhan di indonesia siswa kelas VII SMPN 2 ngantru. penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. proses r&d ini mengadopsi model addie, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. penelitian ini dapat dilakukan pada mata pelajaran smpn 2 ngantru kelas VII. data penelitian ini dapat diperoleh melalui analisis pendahuluan, angket verifikasi, angket respon peserta didik, tabel observasi aktivitas peserta didik, nilai pre-test dan post-test. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan valid memperoleh persentase 75% dan hasil hasil ahli materi menunjukkan kategori valid rata-rata 85,5%. hasil uji kepraktisan memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu hasil angket respon peserti didik bahwa produk praktis untuk digunakan. nilai ketuntasan hasil belajar perserta didik lebih dari 75% yaitu 86% serta analisis pengamatan aktivitas peserta didik dengan persentase 14,95% menunjukkan media praktis digunakan. hasil uji keefektifan media dengaan uji hipotesis menggunakkan paired sample test data hasil tes memperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000. karena nilai sig.(2-tailed) kurang dari tarif signifikansi = 0.,05 yaitu 0,000< 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media ajar video animasi. hasil ini terbukti dari nilai-nilai rata-rata pretest < postest yaitu 74,26 < 83,9. dengan demikian media pembelajaran dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183047 BITA QIYATUL NIKMAH |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 01:41 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 01:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |