ANALISIS BRAND IMAGE DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jombang)

LUTFIAH WINTA ANDINI, 126404203078 (2024) ANALISIS BRAND IMAGE DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (652kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Brand Image dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jombang)” ini ditulis oleh Lutfiah Winta Andini, NIM. 126404203078, Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Supriyadi, M. Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kepercayaan muzakki kepada lembaga zakat merupakan penilaian muzakki atas kemampuan lembaga pengelola zakat dalam menyelesaikan tugas dan amanah menjalankan tanggung jawabnya. Keberadaan organisasi pengelola zakat saat ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan. Kepercayaan ini akan terjadi bila pihak pengelola zakat mampu memberikan data secara transparan dan juga menunjukkan kinerjanya yang bagus, membuktikan kejujuran dalam pengelolaannya, profesionalitas, akuntabilitas, dan integritas. Fokus penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana implementasi brand image dalam meningkatkan kepercayaan muzakki muzakki di BAZNAS Kabupaten Jombang. (2) Bagaimana peran brand image dalam meningkatkan kepercayaan muzakki terhadap pembayaran zakat, infak dan sedekah melalui BAZNAS Kabupaten Jombang?. (3) Bagaimana dampak brand image dalam meningkatkan kepercayaan muzakki di BAZNAS Kabupaten Jombang? Dengan menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder dengan mengumpulkan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi dalam membangun brand image yaitu, brand identity, mengenali target audience, membuat master plan. Media komunikasi dalam membangun brand image yaitu, website, facebook, instagram, youtube, majalah, Wa Blast. Faktor penghambat dalam membangun brand image: rendahnya kesadaran masyarakat, kurangnya kepercayaan, dan masih adanya masyarakat yang kurang updatenya tentang media social. Faktor pendukung: media sosial yang sangat membantu, letak wilayah yang sangat strategis dan sudah diatur dalam undang-undang (2) Peran brand image sangat penting. Lebih banyak dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Sehingga semakin dikenal oleh masyarakat juga semakin mudah untuk melakukan kegiatan yang dilaksanakan. (3) Dampak brand image yaitu semakin dikenal masyarakat Baznas Kabuapten Jombang mendapat respon positif dan masyarakat lebih tau tentang Baznas Kabupaten Jombang. Metode indirect fundraising melalui transfer hasilnya lebih efektif/unggul dalam meningkatkan perolehan muzakki maupun dana zakat dibandingan menggunakan metode direct fundraising. Selain itu, dengan menawarkan program-program serta event-event yang ada di Baznas Kabupaten Jombang, hal ini menjadi daya Tarik dan strategi untuk meningkatkan kepercayaan muzakki. Kata Kunci: Strategi, Brand Image, kepercayaan, muzakki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 126404203078 LUTFIAH WINTA ANDINI
Date Deposited: 20 Feb 2025 01:24
Last Modified: 20 Feb 2025 01:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56008

Actions (login required)

View Item View Item