MOHAMMAD FAHRUR BAIHAQI, 17208153071 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII DI MTsN 8 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Download (810kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Fahrur, Mohammad Baihaqi, 17208153071, 2022, Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII Di MTsN 8 Blitar. Skripsi, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Syayid Ali Rahmatullah. Pembimbing: Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kemampuan berpikir siswa perlu dikembangkan untuk menghadapi persaingan global khususnya kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir siswa kurang berkembang dengan model pembelajaran konvensional karena hanya berpacu pada materi dan soal sehingga menciptakan pembelajaran yang membosankan dan Nilai rata-rata siswa pada pelajaran IPA dibawah KKM dengan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII MTsN 8 Blitar. (2) mengetahui pengaruh model Problem Based Laarning (PBL) terhadap hasil Belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII MTsN 8 Blitar. (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Laarning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil Belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII MTsN 8 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunkanan adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimen dengan bentuk Pretest Posttest Control Grub Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTsN 8 Blitar, dengan pengambilan sampel Simple Random Sampling yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes (pretest) dan (posttest). Analisis data menggunakan Uji T-test dan Uji Manova. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTsN 8 Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. 0,028< 0,05 dari hasil uji hipotesis. (2) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. 0,010 < 0,05 dari hasil uji hipotesis. (3) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTsN 8 Blitar. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root adalah 0,008 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Guru Pendidikan > Hasil Belajar Biologi > Manusia Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Peserta Didik Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208153071 MOHAMMAD FAHRUR BAIHAQI |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 07:05 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |