PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ALQUR'AN MELALUI METODE MURAJAAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR

FITHRIYATUL MAHMUDAH, 126201203201 (2024) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ALQUR'AN MELALUI METODE MURAJAAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (948kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fithriyatul Mahmudah. 2024. Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Baca AlQur’an Melalui Metode Murajaah di MAN Kota Blitar. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skrispsi : Dr. H. M. Muntahibun Nafis, M.Ag Kata Kunci : Peran guru, minat membaca Al-Qu’an, metode murajah Zaman sekarang banyak siswa-siswi yang hanya mampu membaca AlQur’an tetapi makhrajul hurufnya tidak diterapkan. Pengajaran Al-Qur’an sangat penting bagi umat muslim dan ironinya rasa minat terhadap membaca al-Qur’an sudah mulai menurun bahkan sudah hilang, alhasil ketika disuruh membaca tentunya akan merasa kesulitan. Seorang guru adalah faktor utama dalam sebuah pengajaran. Tugas seorang guru adalah sebagai pengajar sekaligus pendidik, maka guru harus menjadi teladan yang baik khususnya bagi para siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk :1) Mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam menumbuhkan minat baca Al-Qur’an melalui metode murajaah di MAN Kota Blitar. 2) Mendeskripsikan peran guru sebagai demostrator dalam menumbuhkan minat baca Al-Qur’an melalui metode murajaah di MAN Kota Blitar. 3) Mendeskripsikan peran guru sebagai evaluator dalam menumbuhkan minat baca Al-Qur’an melalui metode murajaah di MAN Kota Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Kehadiran peneliti dalam penelitian ini adalah sebagai pengamat partisipan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi maupun wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data model Miles dan Huberman dengan teknik pengecekan keabsahan data melalui tahap triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran guru sebagai motivator dalam menumbuhkan minat baca Al-Qur’an terhadap peserta didik dapat dilakukan dengan guru memberikan motivasi peserta didik baik dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran untuk senantiasa melakukan kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan rutin. 2) Peran guru sebagai demonstrator dalam menumbuhkan minat baca Al-Qur’an terhadap peserta didik dapat dilakukan dengan guru memberikan contoh baik kepada siswa agar siswa meniru sikap teladan yang baik. 3) Peran guru sebagai evaluator dalam menumbuhkan minat baca Al-Qur’an terhadap peserta didik dapat dilakukan dengan guru memberikan nilai terhadap siswa ketika kegiatan membaca Al-Qur’an rutin setiap pagi sebelum jam Pelajaran dengan mendampingi langsung siswa tersebut ke kelasnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Buku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203201 FITHRIYATUL MAHMUDAH
Date Deposited: 25 Feb 2025 08:40
Last Modified: 25 Feb 2025 08:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56063

Actions (login required)

View Item View Item