PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK SMPN 1 NGLEGOK BLITAR

SAYYIDA AMIRA MA’RUFA, 126201203227 (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK SMPN 1 NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMP Negeri 1 Nglegok Blitar”. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Hawwin Muzakki, M. Pd. I. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah sering terjadinya pendekatan pembelajaran yang kurang menarik dan mendalam terkait integrasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari siswa. Sering kali guru cenderung menggunakan metode pembelajaran yang statis dan kurang menarik membuat siswa merasa tidak bersemangat terutama jika materi yang diajarkan tidak dianggap relevan dengan pengalaman hidup mereka yang mengakibatkan turunnya hasil belajar peserta didik. Namun sebagian besar peserta didik di SMP 1 Nglegok Blitar menunjukkan hasil belajar yang baik dalam aspek kognitif, afektif, dan aspek psikomotorik sehingga hasil belajar yang mereka peroleh sangat tinggi. Hasil belajar yang cukup tinggi dibuktikan dengan nilai rata-rata 89,0. Nilai rata-rata tersebut melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini mendorong penelitian yang mendalam untuk mengidentifikasi apakah kompetensi pedagogik guru benar-benar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik di SMPN 1 Nglegok Blitar. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta didik SMPN 1 Nglegok Blitar? (2) Adakah pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMPN 1 Nglegok Blitar? (3) Adakah pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta didik di SMPN 1 Nglegok Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini menggunakan Cluster sampling diambil satu kelas dari masing-masing kelas VII dan VIII. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 peserta didik dari kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Nglegok Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 30 pernyataan dengan pernyataan kompetensi pedagogik guru sebanyak 15, hasil belajar kognitif 4 pernyataan, afektif sebanyak 5 pernyataan, dan psikomotorik sebanyak 6 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji linier sederhana dan melakukan uji prasyarat dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 29.0.2.0 for windows. xix Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis dengan uji one sample t test tampak bahwa tingkat signifikansi probabilitas adalah 0,007 yakni lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif PAI peserta didik SMP Negeri 1 Nglegok Blitar. (2) Berdasarkan hasil analisis dengan uji one sample t test tampak bahwa tingkat signifikansi probabilitas adalah 0,002 yakni lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterimaartinya bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif PAI peserta didik SMP Negeri 1 Nglegok Blitar. (3) Berdasarkan hasil analisis dengan uji one sample t test tampak bahwa tingkat signifikansi probabilitas adalah 0,001 yakni lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif PAI peserta didik SMP Negeri 1 Nglegok Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203227 SAYYIDA AMIRA MA'RUFA
Date Deposited: 27 Feb 2025 07:22
Last Modified: 27 Feb 2025 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56082

Actions (login required)

View Item View Item