NUR MIFTAHUR ROHMAH, 12208193116 (2024) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH PADA PELAKSANAAN MAGANG DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AKADEMIK 2023/2024. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (775kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Pada Pelaksanaan Magang Di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Akademik 2023/2024”. Skripsi ini ditulis oleh Nur Miftahur Rohmah NIM 12208193116, Prodi Tadris Biologi UIN SATU Tulungagung, Pembimbing Nanang Purwanto M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Dasar Mengajar, Magang Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan atau kemampuan secara keseluruhan yang harus dikuasai mahasiswa magang sebagai calon guru dan menjadi bekal utama dalam proses mengajar. Program magang merupakan bagian integral dan muara dari proses pendidikan pada jenjang S1 kependidikan yang dimaksud untuk menyediakan pengalaman mengajar kepada mahasiswa dalam situasi nyata di lapangan untuk memantapkan kompetensi pedagogic, kepribadian, professional dan sosial dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Berdasarkan observasi awal, kemampuan mengelola kelas belum maksimal sehingga kondisi kelas menjadi gaduh dan mahasiswa kurang fokus dalam menyampaikan materi yang sedang diajarkan. Dalam hal ini peneliti melakukan analisis mengenai penerapan keterampilan dasar mengajar serta faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsiskan keterampilan dasar mengajar mahasiswa tadris biologi UIN SATU Tulungagung pada pelaksanaan magang di SMPN 1 Sumbergempol tahun akademik 2023/2024, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat keterampilan dasar mengajar mahasiswa tadris biologi UIN SATU Tulungagung tahun akademik 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi secara langsung dengan 2 observer digunakan untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar dari 2 mahasiswa magang dan kondisi dikelas. Wawancara dengan 2 mahasiswa magang dan 3 siswa untuk mengetahui berbagai faktor pendukung dan penghambat penerapan keterampilan dasar mengajar. Dokumentasi yaitu proses pengambilan informasi melalui dokumen dalam hal ini berupa video rekaman pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data reduksi, data display dengan menghitung data menjadi persentase dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,(1) Penerapan keterampilan dasar mengajar mahasiswa magang tadris biologi UIN SATU Tulungagung mahasiswa 1 secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 68,6% dan mahasiswa 2 memperoleh rata-rata 74,6% termasuk dalam kategori baik, dengan rincian pada keterampilan membuka dan menutup pelajaran mahasiswa 1 memperoleh skor 76,6%, sedangkan mahasiswa 2 memperoleh skor 80,0%. Pada keterampilan menjelaskan pelajaran mahasiswa 1 memperoleh skor 89,6%, sedangkan mahasiswa 2 memperoleh skor 81,3%. Pada keterampilan bertanya mahasiswa 1 memperoleh skor 50,0%, sedangkan mahasiswa 2 memperoleh skor 61,1%. Pada keterampilan mengadakan variasi mahasiswa 1 memperoleh skor 83,3%, sedangkan mahasiswa 2 memperoleh skor 88,9%. Pada keterampilan memberi penguatan mahasiswa 1 memperoleh skor 59,4%, sedangkan mahasiswa 2 memperoleh skor 75,0%. Pada keterampilan mengelola kelas mahasiswa 1 memperoleh skor 50,0%, sedangkan mahasiswa 2 memperoleh skor 56,3%. Pada keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan mahasiswa 1 memperoleh skor 81,3%, sedangkan mahasiswa 2 memperoleh skor 87,5%. Pada keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil mahasiswa 1 memperoleh skor 58,3%, sedangkan mahasiswa 2 memperoleh skor 66,6 (2) Faktor pendukung keterampilan dasar mengajar yang dialami mahasiswa magang meliputi latar belakang pendidikan (berasal dari prodi pendidikan/tadris biologi) dan kepribadian (semangat, sabar, peduli terhadap siswa dan sopan). Sedangkat faktor penghambat keterampilan dasar mengajar yang dialami mahasiswa magang meliputi karakteristik siswa yang berbeda-beda (ada yang pendiam, aktif, dan hiperaktif), pengalaman mengajar mahasiswa dan ketersediaan sarana prasarana
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193116 NUR MIFTAHUR ROHMAH |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 05:17 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 05:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |