LIGAR SABTA YULI NUR'AINI HABIBAH, 126201202100 (2024) PERAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Al-Qur’an Hadits dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ini ditulis oleh Ligar Sabta Yuli Nur’aini Habibah, NIM 126201202100, pembimbing Ibu Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. NIP 199201262019032019. Kata Kunci: Peran Guru Al-Qur’an Hadits, Kenakalan Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi karena fenomena yang ada di Indonesia yaitu melemahnya penanaman nilai pada peserta didik. Gelombang globalisasi dapat memunculkan simbol-simbol kebebasan tanpa batas dan hak asasi manusia yang berujung pada penindasan dan perilaku tercela. Peran guru sangatlah penting dan strategis, karena guru bertanggung jawab mengarahkan peserta didiknya dalam hal penguasaan ilmu dan penerapannya dalam kehidupan serta dalam menanamkan dan memberikan tauladan yang baik terhadap peserta didiknya. Guru tidak hanya bertugas untuk mentrasfer ilmu pengetahuan semata, tetapi jauh lebih berat yaitu untuk mengarahkan dan membentuk perilaku atau kepribadian peserta didik. Peserta didik perlu diajarkan pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai ajaran agama sebagai pengendali dan kontrol peserta didik yaitu agama sebagai pedoman dan pegangan di dalam kehidupan. Peserta didik perlu dididik dan dibimbing sejak dini guna untuk sumber daya manusia yang baik dan bermoral serta berkualitas bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan agama. Adapun bentuk fokus penelitian yang di bahas oleh peneliti adalah: (1) Peran Guru Al-Qur’an Hadits sebagai Komunikator dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik di Mts Sunan Kalijogo Mojo Kediri? (2) Peran Guru Al-Qur’an Hadits sebagai pendidik dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik di Mts Sunan Kalijogo Mojo Kediri.? (3) Peran Guru Al-Qur’an Hadits sebagai Pembimbing dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik di Mts Sunan Kalijogo Mojo Kediri? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentas. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan model triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Al-Qur’an Hadits sebagai Komunikator dengan cara deeptalk (pembicaraan secara mendalam) dan mengadakan komunikasi secara terprogram. (2) Peran Guru Al-Qur’an Hadits sebagai pendidik yaitu dengan cara guru memberikan contoh yang baik, melakukan pembinaan insidental dan mengadakan kontrak belajar. (3) Peran Guru Al-Qur’an Hadits sebagai Pembimbing dengan cara memberikan arahan pada peserta didik dan bimbingan terprogram (bimbingan preventif, bimbingan kuratif dan rehabilitas).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202100 LIGAR SABTA YULI NUR'AINI HABIBAH |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:53 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |