PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI PERCETAKAN MAKAPRINT TULUNGAGUNG

ATMIRALDO AGUNG NUGROHO, 12402193123 (2024) PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI PERCETAKAN MAKAPRINT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Percetakan Makaprint Tulungagung", yang dilakukan oleh Atmiraldo Agung Nugroho (NIM 12402193123) dari Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, di bawah bimbingan Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi fenomena digitalisasi dan pergeseran perilaku konsumen mendorong produsen untuk beradaptasi dengan platform digital, seperti media sosial, sebagai alat pemasaran. Ditambah dengan informasi dari APJII pengguna internet Indonesia sepanjang tahun semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan media sosial pada percetakan Makaprint untuk meningkatkan volume penjualan (2) mendeskripsikan hambatan dan pendukung pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan volume penjualan pada percetakan Makaprint (3) mendiskripsikan kontribusi media sosial dalam meningkatkan volume penjualan pada percetakan Makaprint. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sumber penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga teknik analisis data mulai dari Kondensasi data , penyajian data, hingga menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji trianggulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial, terutama Instagram dan Tiktok, telah menjadi saluran utama bagi Percetakan Makaprint Tulungagung dalam memperluas jangkauan pemasaran. Faktor penghambat dalam menggunakan media sosial adalah mencari sumber daya manusia yang berkualitas, disebabkan lokasi yang jauh dari pusat kota, faktor pendukung fleksibilitas dalam mengikuti tren platform, peran media sosial dalam peningkatan volume penjualan Makaprint terbukti dengan sekitar 95% penjualan berasal dari platform online. Kata Kunci: Media Sosial, Volume Penjualan, Strategi Pemasaran, Makaprint, Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Media Sosial
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193123 ATMIRALDO AGUNG NUGROHO
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:01
Last Modified: 28 Feb 2025 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56103

Actions (login required)

View Item View Item