VINA DWI LESTARI, 126205202131 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI AL-IHSAN JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Lestari, Vina, Dwi. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intectual) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS DI MI Al-Ihsan Kalijaring Kali Kejambon Tembelang Jombang. Skipsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa selama kegiatan pembelajaran dan hanya sedikit siswa yang aktif terbuktinnya dengan adanya beberapa peseta didik yang dominan dan pasif. Serta kurangnya minat dalam pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) karena guru masih mengunakan pembelajaran yang konvensional yang bersifat satu arah dan cenderung membosankan. Dalam hal ini peneliti mengunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intectual) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di MI Al-Ihsan Kalijaring Kali Kejambon Tembelang Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Menguji pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intectual) terhadap minat siswa dalam mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). 2). Menguji penetapan bembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intectual) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). 3). Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intectual) terhadap minat dan Hasil belajar siswa melalui media video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan kontrol. Populasinya adalah seluruh kelas 4A sebagai kelas eksperimen dan 4B sebagai kelas kontrol di MI Al-Ihsan Kalijaring Kali Kejambon Tembelang Jombang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prsayaratan (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji t-test Independen sampel test dan Uji anova). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1). Ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intectual) terhadap minat dalam mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di MI Al-Ihsan Kalijaring Kali Kejambon Tembelang Jombang. 2). Ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intectual) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). 3). Berdasarkan hasil hipotesis diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intectual) terhadap minat dan peningkatan hasil siswa pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) dengan nilai signifikasi 0,088 < 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intectual), Minat, Hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202131 VINA DWI LESTARI |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 02:05 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 02:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |