EVANDA ERLINDASARI, 126201202078 (2024) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN ETIKA BERBICARA PESERTA DIDIK DI MAN 3 NGANJUK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (967kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Erlindasari, Evanda, 2024. Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membangun Etika Berbicara Pada Siswa Kelas XI di MAN 3 Nganjuk, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr, Hj. Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci : Etika Berbicara, Pendidikan Aqidah Akhlak, Peran Guru Sebagai Demonstrator Motivator dan Evaluator Etika merupakan istilah yang sejak dulu hingga sekarang terus dibicarakan oleh para ahli, terutama didunia filsafat dan pendidikan. Dapat disimpulkan bahwa etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan terutama tentang hak dan kewajiban moral. Pendidikan Akhlak merupakan upaya sadar yang dilakukan oleh manusia untuk menuju perubahan, pendidikan akhlak juga mengajarkan manusia tentang tata cara hormat menghormati antar sesama baik kepada orang yang seumuran maupun kepada orang yang lebih tua dari kita. Seorang pendidik bertugas mengajarkan dan memahamkan arti penting dari sebuah etika berbicara kepada peserta didik supaya peserta didik siap terjun dalam masyarakat yang semestinya peserta didik lakukan setelah nanti selesai pendidikannya. Pelajaran aqidah akhlak bukan hanya bersifat kognitif semata melainkan harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran Aqidah Akhlak harus senantiasa memberi tauladan yang baik bagi siswa saat berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini (1) Bagaimana peran Guru Aqidah Akhlak sebagai demontrator dalam membangun etika berbicara peserta didik di MAN 3 Nganjuk (2) Bagaimana peran Guru Aqidah Akhlak sebagai Motivator dalam membangun etika berbicara peserta didik di MAN 3 Nganjuk (3) Bagaimana peran Guru Aqidah Akhlak sebagai Evaluator dalam membangun etika berbicara peserta didik di MAN 3 Nganjuk Pendekatan penelitian Kualitatif, Jenis Penilitian deskriptif, Tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penarikan Kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan xv keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan pembahasan teman sejawat Adapun sumber penilitian ini yakni, Guru Pendidikan Aqidah Akhlak. Hasil Penelitian Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Etika berbicara peserta didik di MAN 3 Nganjuk, yaitu: (1) Peran Guru Aqidah Akhlak sebagai demontrator dalam membangun etika berbicara peserta didik di MAN 3 Nganjuk yaitu Peran guru dalam hal melatih siswa dalam membiasakan sesuatu yang baik, itu merupakan salah satu fungsi guru sebagai pendidik dalam hal pembelajaran luar kelas. Ini menjadi salah satu hal yang penting yang harus dilaksanakan oleh guru. Guru juga harus menjadi contoh utama yang baik bagi siswanya. (2) Peran Guru Aqidah Akhlak sebagai Motivator dalam membangun etika berbicara peserta didik di MAN 3 Nganjuk yaitu Guru sebagai motivator, juga menjadi suatu hal yang penting guna menanamkan pada siswa dengan cara yang lain terlepas dari kegiatan belajar mengajar di sekolah. Motivator bisa berasal dari kegiatan-kegiatan luar KBM (kegiatan belajar mengajar). Motivator bisa menjadi inspirasi siswa guna merubah perilaku, kebiasaan, minat, bahkan motivasi. (3) Peran Guru Aqidah Akhlak sebagai Evaluator dalam membangun etika berbicara peserta didik di MAN 3 Nganjuk yaitu merupakan salah satu kegiatan yang harus dilaksanakan guna mengetahui sebuah perkembangan. Bukan hanya dalam dunia pendidikan, evaluasi juga kerap dilaksanakan untuk mengukur sesuatu, hasilnya, dan guna mengetahui strategi apa yang akan diambil guna menunjang hasil evaluasi yang dilaksanakan. Dari berbagai pembahasan yang dilaksanakan tersebut mulai dari peran guru sebagai demonstrator, motivator, hingga evaluator. Garis besar atau titik temu dari peran guru dalam membangun etika berbicara yang baik bagi siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202078 EVANDA ERLINDASARI |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 04:19 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |