AULIA NUR AFIFAH, 126201201044 (2024) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI MTS DARUL ULUM NGLUMBER KEPOHBARU BOJONEGORO. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Akhlak Pada Siswa Kelas VII di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro” ini ditulis oleh Aulia Nur Afifah (NIM: 126201201044) Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Peranan Guru Pendidikan Agama Islam, Penanaman Akhlak Pendidikan berperan penting menanamkan akhlak, membentuk karakter siswa berempati, jujur, bertanggung jawab, dan toleran. Penelitian ini menarik karena di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro siswa dan gurunya mempunyai akhlak yang cukup baik. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana peranan guru pendidikan agama islam sebagai motivator dalam penanaman akhlak pada siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro? (2) Bagaimana peranan guru pendidikan agama islam sebagai inspirator dalam penanaman akhlak pada siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro? (3) Bagaimana peranan guru pendidikan agama islam sebagai evaluator dalam penanaman akhlak pada siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deksriptif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro desa Nglumber Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Sumber data penelitian berasal dari Kepala madrasah, Guru pendidikan agama islam, beberapa siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis di lakukan dengan penyajian data, display data, verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan teknik triangulasi, meningkatkan ketekunan, perpanjang pengamatan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Peranan guru pendidikan agama islam sebagai motivator dalam penanaman akhlak pada siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro berperan penting dalam membangun akhlak siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Mereka menerapkan cara teladan, kebiasaan, dan dorongan semangat. Strategi yang digunakan mencakup pemberian contoh nyata, pendekatan keagamaan, dan komunikasi yang transparan, sehingga siswa menyadari pentingnya akhlak. Pembentukan karakter dilakukan secara menyeluruh, dengan memprioritaskan nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. (2) Peranan guru pendidikan agama islam sebagai inspirator dalam penanaman akhlak pada siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro menanamkan budi pekerti melalui teladan, motivasi, dan inspirasi, memberikan contoh tindakan positif, serta mengajarkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Mereka menciptakan suasana belajar yang mendukung dan menerapkan strategi seperti pendekatan pribadi serta komunikasi yang aktif, sehingga siswa termotivasi untuk menginternalisasi nilai-nilai moral dan berkembang menjadi individu berkarakter baik. (3) Peranan guru pendidikan agama islam sebagai evaluator dalam penanaman akhlak pada siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro menghadapi tantangan dalam menanamkan akhlak siswa, seperti variasi perilaku siswa dan keterbatasan waktu. Mereka mempersiapkan diri lewat perencanaan dan penilaian, dengan menerapkan metode evaluasi perilaku dan pendekatan pribadi. Evaluasi bertujuan untuk menilai pemahaman siswa mengenai akhlak, dengan penyesuaian metode evaluasi berdasarkan kebutuhan. Guru juga menghadapi tantangan dengan memberikan arahan yang konsisten.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201044 AULIA NUR AFIFAH |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 04:39 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |