RANIA FIRANTI NOOR RAHAYU, 126208201021 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (720kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas X Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 1 Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Rania Firanti Noor Rahayu, NIM 126208201021, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Keanekaragaman Hayati. Pendidikan bertujuan mengembangkan potensi manusia melalui proses pembelajaran yang terstruktur mulai dari TK hingga SMA, agar siswa menjadi individu yang berkarakter, cerdas dan terampil. Namun, kesulitan belajar masih dihadapi oleh siswa dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), terutama pada materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 1 Kauman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman siswa terhadap materi Keanekaragaman Hayati dalam pelajaran Biologi yang merupakan salah satu konsep dasar sebagai penunjang belajar pada materi selanjutnya. Hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa ini dapat datang dari dalam diri maupun lingkungan hidup siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari mata pelajaran Biologi materi Keanekaragaman Hayati. (2) Menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi materi Keanekaragaman Hayati. (3) Mendeskripsikan upaya yang diberikan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMAN 1 Kauman. Pendekatan kualitatif dipilih untuk memahami kesulitan belajar siswa materi Keanekaragaman Hayati. Metode studi kasus dengan teknik deskriptif dipilih agar peneliti dapat menggali informasi mendalam dari siswa kelas X SMAN 1 Kauman yang mengalami kesulitan dalam mencapai KKM pada materi ini. Data dikumpulkan melalui angket, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan model Miles Huberman untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat. Triangulasi sumber digunakan untuk memastikan validitas data dengan membandingkan berbagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa yaitu (1) kurang pemahaman konsep dasar, kesulitan mengenali dan mendefinisikan istilah, menganalisis dan menafsirkan data visual, kesulitan memahami dan menghubungkan antar konsep dan kurang teliti dalam membaca soal. (2) Faktor penyebab kesulitan belajar dipengaruhi oleh faktor internal, seperti intelegensi, perhatian, minat, kematangan dan kesiapan serta faktor eksternal mencakup cara orang tua mendidik, pengertian orang tua, latar belakang kebudayaan, metode mengajar guru, kurikulum, alat pelajaran, kondisi gedung sekolah, metode belajar siswa, tugas rumah serta mass media. (3) Untuk mengatasi kesulitan belajar guru menerapkan berbagai upaya, seperti pemetaan kepada siswa, kegiatan remedial, stimulus yang diperkuat serta memberikan latihan soal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208201021 RANIA FIRANTI NOOR RAHAYU |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 05:30 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 05:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |