STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA SENYUM WORLD HOTEL BATU

MUHAMAD SLAMET, 126405202180 (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA SENYUM WORLD HOTEL BATU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Srategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Senyum World Hotel Batu” yang ditulis oleh Muhamad Slamet, NIM. 126405202180, Pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya bisnis perhotelan yang begitu cepat membuat persaingan dunia bisnis semakin pesat. Dengan begitu mendorong pelaku bisnis supaya mampu bersaing dalam menarik konsumen. Salah satunya menggunakan strategi komunikasi agar dapat membantu pelaku bisnis dalam menghadapi persaingan. Fokus Penelitian Skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan secara langsung dan digital oleh Senyum World Hotel (2) Bagaimana kepuasan pelanggan melalui strategi komunikasi yang diterpakan Senyum World Hotel. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi secara langsung dan digital dalam meningkatkan kepuasan pelanggan serta kepuasan pelaggan melalui strtaegi komunikasi pada Senyum World Hotel Batu. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan kondensasi data dan penyajian data sehingga bisa ditarik sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi komunikasi Secara Langsung dan Digital Pada Senyum World Hotel meliputi: a) komunikator, memberikan pelatihan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan komunikasi; b) pesan, memberikan pesan menarik dan menyesuaikan pesan terhadap beberapa faktor; c) media, mentukan media komunikasi sesuai profil pelanggan, tujuan dan jenis informasi; d) komunikan, memahami keinginan pelanggan, karakteristik demografis, preferensi dan perilaku pelanggan; e) efek, melakukan survei kepada pelanggan, dan memantau ulasan dari TripAdvisor, Google Reviews, dan media sosial. (2) Kepuasan pelanggan melalui strategi komunikasi terdapat lima faktor yaitu: a) reliability, proses check-in sesuai jadwal, menyediakan informasi harga, fasilitas, dan kamar yang konsisten dengan yang tertera di website, serta menjelaskan diskon dan promo dengan jelas.; b) responsiveness, memberikan respon yang cepat terhadap setiap aspek kepada pelanggan; c) assurance, staf memiliki pemahaman yang detail, dapat memberikan penjelasan yang jelas mudah dipahami; d) empathy staf mendengarkan dan menanggapi pertanyaan dari pelanggan, melakukan follow-up terhadap pemasalahan, serta memberikan compliment terhadap beberapa masalah tertentu; e) menampilkan konten di website maupun media sosial sesusi dengan kenyataan di lokasi. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405202180 MUHAMAD SLAMET
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:52
Last Modified: 04 Mar 2025 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56156

Actions (login required)

View Item View Item