PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN 5 TULUNGAGUNG

VIVI NUR'AINI WAHIDATUL MUFIDAH, 12205193278 (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (812kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Vivi Nur’aini Wahidatul Mufidah, 12205193278, “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN 5 Tulungagung”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rhamatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Motivasi, Prestasi Belajar Penggunaan metode pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, oleh karena itu tanpa metode yang baik, materi yang dihasilkan tidak akan mencapai tujuan yang dapat dicapai. Penggunaan metode pembelajaran dapat mendukung perubahan dalam setiap proses pembelajaran. Sehingga mendorong siswa untuk terlibat dan berpartisipasi dalam pembelajaran tanpa merasa bosan atau tidak nyaman.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar IPA siswa Kelas IV MIN 5 Tulungagung? (2) Adakah Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN 5 Tulungagung ? (3) Adakah Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPA siswa Kelas IV MIN 5 Tulungagung? Pendeketan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Lokasi penlitian ini di Ds. Pundensari, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV MIN 5 Tulungagung, dan sampel penelitian yaitu siswa kelas IV A dan IV C MIN 5 Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) dari hasil uji T-test nilai Sig.(2-tailed) sejumlah 0,019 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung. (2) dari hasil uji T-test nilai Sig.(2-tailed) sejumlah 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Mind Mapping terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung. (3) dari hasil uji manova nilai Sig.(2-tailed) sejumlah 0,000< 0,05, dengan demikian dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode Mind Mapping terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193278 VIVI NUR'AINI WAHIDATUL MUFIDAH
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:11
Last Modified: 05 Mar 2025 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56174

Actions (login required)

View Item View Item