RIZAL ALWI MIANDI, 12201173036 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPI MIFTAHUL ULUM WLINGI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rizal Alwi Miandi. 2024. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Peserta didik Kelas VII di SMPI Miftahul Ulum Wlingi Kabupaten Blitar. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Tanggung Jawab. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan karakter tanggung jawab yang terjadi dikalangan peserta didik akhir-akhir ini. Tak terkecuali yang terjadi di SMPI Miftahul Ulum Wlingi Kabupaten Blitar. Secara umum, peserta didik di madrasah ini memiliki Akhlak yang baik, namun bukan berarti tidak ada peserta didik yang mengalami penurunan karakter tanggung jawab. Oleh karena itu Guru, terutama guru pendidikan agama islam perlu menentukan strategi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter tangung jawab peserta didik kelas VII di SMPI Miftahul Ulum Wlingi Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter tangung jawab peserta didik kelas VII di SMPI Miftahul Ulum Wlingi Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agam Islam dalam meningkatkan karakter tangung jawab peserta didik kelas VII di SMPI Miftahul Ulum Wlingi Kabupaten Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research karena penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi / penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter tangung jawab peserta didik kelas VII di SMPI Miftahul Ulum Wlingi Kabupaten Blitar yaitu dengan cara memberi contoh yang baik secara langsung kepada peserta didik, sebelum menyusun modul ajar guru melakukan tes awal pada siswa kelas VII berupa tes wawancara, akademik dan keagamaan serta menyusun modul pembelajaran. (2) Pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter tangung jawab peserta didik kelas VII di SMPI Miftahul Ulum Wlingi Kabupaten Blitar yaitu memulai pembelajaran sesuai dengan modul ajar dalam pelaksanaannya khususnya di dalam kelas, namun juga tidak menutup kemungkinan adanya sedikit perubahan dimana menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Serta dengan penanaman kedisiplinan dan mengintegrasikan ke dalam seluruh kegiatan di sekolah. (3) Evaluasi guru Pendidikan Agam Islam dalam meningkatkan karakter tangung jawab peserta didik kelas VII di SMPI Miftahul Ulum Wlingi Kabupaten Blitar ada faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat peningkatan karakter tanggung jawab. Faktor pendukung peningkatan karakter tanggung jawab peserta didik yang pertama adalah kekompakan guru dalam pembiasaan kedisiplinan, kedua yaitu dukungan dalam bentuk pengawaan oleh masyarakat sekitar, ketiga dari diri peserta didik yang memiliki kesadaran akan rasa tanggung jawab. Faktor penghambat peningkatan karakter tanggung jawab yang pertama adalah kurangnya pengawasan terhadap peserta didik oleh pengurus pondok sehingga peserta didik lalai dalam menjalankan tugasnya sebagai peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam Pengembangan Masyarakat Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173036 RIZAL ALWI MIANDI |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:23 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |