MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS LOOSE PARTS (Studi Kasus Di Tk Alazhaar Bandung-Tulungagung)

ARINAL AHMAD SAMUDRA, 126206203073 (2025) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS LOOSE PARTS (Studi Kasus Di Tk Alazhaar Bandung-Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Berbasis Loose Parts (Studi Kasus Di Tk Alazhaar Bandung-Tulungagung)” ini ditulis oleh Arinal Ahmad Samudra, NIM. 126206203073, serta dibimbing oleh Ahmad Mushlih, M.Pd. Kata Kunci : Manajemen Pendiikan, Alat Permainan Edukatif, Pendidikan Anak Usia Dini Penelitian ini didasarkan pada konteks penelitian tentang manajemen yang sangat penting bagi setiap lembaga pendidikan, bahkan jika lembaga pendidikan tidak mempunyai ataupun menjalankan manajemen dengan baik, lembaga pendidikan tersebut tidak mempunyai tujuan yang jelas. Anak usia dini sangat mudah dan cepat bosan dengan kegiatan yang dianggapnya kurang menyenangkan dirinya, walaupun di sisi lainnya anak usia dini memang dipenuhi rasa penasaran dan sangat ingin tahu terhadap dunia dan bahkan seisinya. Penelitian ini dilakukan di TK Alazhaar Bandung-Tulungagung yang telah menerapkan apa yang namanya kurikulum merdeka, lengkap dengan pembelajaran berbahan loose parts yang bahkan dimasukkan dalam jam pembelajarannya sendiri secara khusus. Fokus penelitian ini adalah 1.) Apa unsur-unsur loose parts yang menjadi acuan dalam manajemen kurikulum merdeka? 2.) Bagaimana manajemen kurikulum merdeka berbasis loose parts? 3.) Apa saja faktor pendukung implementasi manajemen kurikulum merdeka berbasis loose parts? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi teknik. Hasil penelitian : 1.) TK Alazhaar Bandung-Tulungagung memilih loose part sebagai basisnya dalam pembelajaran yaitu karena loose part mempunyai karakteristik menarik dan membuka. Permainan dengan Loose parts memungkinkan anak untuk menciptakan pengalaman bermain berdasarkan ide dan tujuan mereka. Serta dapat mendorong anak untuk menjelajahi lingkungan mereka, mengambil risiko selama bermain, dan mengembangkan kepercayaan diri dan motivasi. 2.) Manajemen Kurikulum Merdeka Berbasis Loose Parts di TK Alazhaar Bandung-Tulungagung berdasarkan ketetapan dari pemerintah dan juga memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Manajemen yang dilaksanakan yaitu Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. 3.) Kunci keberhasilan yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kurikulum adalah kepemimpinan kepala sekolah, kerjasama yang baik antara kepala sekolah, pendidik, wali murid dan komite, fasilitas dan sumber belajar yang mendukung, dan yang terakhir yang juga tidak kalah pentingnya adalah meminimalisir tingkat ketidaktuntasan peserta didik dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206203073 ARINAL AHMAD SAMUDRA
Date Deposited: 06 Mar 2025 06:16
Last Modified: 06 Mar 2025 06:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56188

Actions (login required)

View Item View Item