PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN SE- KAB. TRENGGALEK

HANIF MAULANA ABDILLAH, 1756154022 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN SE- KAB. TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (117kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Dan Kegiatan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN Se-Kabupaten Trenggalek” Ditulis oleh Hanif Maulana Abdillah, NIM : 1756154022, dibimbing oleh : Dr. Eni Setyowati, M.Pd dan Dr. H. Maftukhin, M.Ag Kata kunci : Sumber Belajar, Kegiatan Keagamaan, Prestasi Belajar Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi dari Prestasi belajar yag merupakan tolak ukur kemampuan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama periode waktu tertentu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu Sumber belajar dan Kegiatan Keagamaan. Maksudnya yaitu segala sesuatu baik yang ada diluar diri siswa berupa perangkat materi yang sengaja diciptakan dengan maksud untuk memberikan kesempatan dan kemudahan kepada siswa dalam memperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dalam proses belajar mengajar. Namun, kenyataannya sudah menggunakan sumber belajar yang optimal dan ada siswa yang aktif mengikuti kegiatan keagamaan, tetapi hasil prestasi belajar kurang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN Se-Kab. Trenggalek? (2) Adakah Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN Se-Kab. Trenggalek? (3) Adakah Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Dan Kegiatan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN Se-Kab. Trenggalek? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. (3) Untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Dan Kegiatan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Subjek adalah siswa kelas VIII SMPN Se Kabupaten Trenggalek. dengan teknik cluster sampling dipilih tiga lembaga sekolah yaitu SMPN 1 Pogalan, SMPN 1 Kampak dan SMPN 1 Durenan. Jumlah populasi sebesar 790 siswa dan sampel yang digunakan adalah 103 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 18.0 for windows. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan 18 dan 16 butir soal dengan Validasi Ahli. Uji Hipotesis dengan Uji t dan Uji F Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN Se Kabupaten Trenggalek dengan persentase 32,03% yang ditunjukkan dari thitung>ttabel (7,187> 1,987). Nilai signifikansi untuk variabel Pemanfaatan Sumber Belajar adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa PAI Se-Kabupaten Trenggalek. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Kegiatan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN Se Kabupaten Trenggalek dengan persentase 37,86% yang ditunjukkan dari thitung>ttabel (5,492> 1,987). Nilai signifikansi t untuk variabel Kegiatan Keagamaan adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Hoditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kegiatan Keagamaan terhadap Prestasi Belajar siswa PAI Se-Kabupaten Trenggalek. (3) Ada Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Dan Kegiatan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN Se-Kabupaten Trenggalek dengan persentase 63% yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (35,083) >Ftabel (3,94) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,050. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,050). Jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya Pengaruh yang positif dan simultan antara Pemanfaatan Sumber belajar dan Kegiatan Keagamaan terhadap prestasi belajar PAI Se-Kabupaten Trenggalek

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: hanif maulana imam syafi'i
Date Deposited: 21 Dec 2017 03:31
Last Modified: 21 Dec 2017 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5623

Actions (login required)

View Item View Item