PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X SMA NEGERI 1 KANDAT KEDIRI

INTAN DARIS MALIA, 126204201025 (2024) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X SMA NEGERI 1 KANDAT KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Barisan dan Deret Kelas X SMA Negeri 1 Kandat Kediri” ini ditulis oleh Intan Daris Malia, NIM. 126204201025, dengan pembimbing bapak Dr. Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: kecemasan matematika, minat belajar, dan hasil belajar. Peneliti ini di latar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh persepsi siswa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Persepsi tersebut mengakibatkan siswa merasa tertekan dan terpaksa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Keterpaksaan dalam pembelajaran matematika dapat memicu terjadinya kecemasan matematika terhadap siswa yang mana ditandai dengan rasa cemas, takut dan gugup saat pembelajaran matematika tersebut dapat menyebabkan hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kandat Kediri, 2) Untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar siswa materi barisan dan deret kelas X SMA Negeri 1 Kandat Kediri, 3) Untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa materi barisan dan deret kelas X SMA Negeri 1 Kandat, Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kandat Kediri tahun ajaran 2023/2024. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 dengan jumlah siswa 34 siswa. Data penelitian ini diambil dari hasil skor angket kecemasan matematika, skor angket minat belajar, dan nilai hasil belajar siswa materi barisan dan deret. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Manova dengan bantuan IBM SPSS Statistic 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kandat Kediri, berdasarkan uji test of between-subjects effect diperoleh nilai signifikansi 0,039 < 0,05, 2) Terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar siswa materi barisan dan deret kelas X SMA Negeri 1 Kandat Kediri, 3berdasarkan uji test of between-subjects effect diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 3) Terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa materi barisan dan deret kelas X SMA Negeri 1 Kandat, Kediri, berdasarkan uji Manova diperoleh dari tabel Pillai’s Trace, Wilks, Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root mempunyai nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201025 INTAN DARIS MALIA
Date Deposited: 10 Mar 2025 03:50
Last Modified: 10 Mar 2025 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56276

Actions (login required)

View Item View Item