UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA PESERTA DIDIK SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG

NURMALA MAULIDA, 2817133138 (2017) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA PESERTA DIDIK SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (921kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurmala Maulida. 2017. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Juz’amma pada Peserta Didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Motivasi, Menghafal Juz Amma Penelitian ini dilandasi oleh beragamnya tingkat antusias dan motivasi siswa SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Anggapan siswa terhadap menghafal juz amma beragam, sebagian siswa menganggap bahwa menghafal juz amma itu tidak terlalu sulit bahkan ada yang beranggapan bahwa menghafal juz amma itu mudah, sehingga motivasi siswa untuk menghafal juz amma menjadi bermacam-macam. Untuk itu guru harus berupaya untuk meningkatkan motivasi menghafal siswa sesuai dengan kebutuhan siswanya, agar proses menghafal dapat berjalan dengan lancar. Atas dasar ini penelitian dengan judul upaya guru dalam meningkatkan motivasi menghafal juz’amma pada peserta didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung dilaksanakan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana guru meningkatkan motivasi ekstrinsik dalam menghafal juz ‘amma peserta didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung?. 2) Bagaimana guru meningkatkan motivasi intrinsik dalam menghafal juz ‘amma peserta didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik dan intrinsik dalam menghafal juz ‘amma peserta didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik menghafal juz ‘amma peserta didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Untuk mendeskripsikan guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik menghafal juz ‘amma peserta didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik dan intrinsik dalam menghafal juz ‘amma peserta didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa dalam menghafal juz amma di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung berjalan cukup baik, diantara upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa dalam menghafal juz amma adalah dengan cara memberikan imbalan kepada siswa yang berani menyetor hafalan dengan lancar. Selain itu guru juga memberikan tugas rumah untuk menambah hafalan, karena dengan diberikan tugas rumah siswa menjadi lebih bersemangat. Bagi siswa yang sudah bersemangat guru mempunyai cara sendiri yaitu dengan mengadakan kompetisi, memberikan pujian. Upaya yang dilakukan guru sangat efektif karena prestasi menghafal siswa mengalami kenaikan meskipun belum 100%. 2) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa dalam menghafal juz amma di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung berjalan cukup baik, diantara upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi intrinsik siswa dalam menghafal juz amma adalah dengan cara menumbuhkan minat. Selain itu guru juga memberikan penyadaran kepada siswa tentang keutamaan menghafal Al-Qur’an. Guru juga mengumumkan hasil hafalan kepada seluruh siswa, dengan tujuan agar siswa lebih bersemangat untuk belajar dan meningkatkan hafalannya. 3) Adapun faktor pendukung dalam upaya guru meningkatkan motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa dalam menghafal juz amma meliputi lingkungan belajar yang kondusif. Ketika pelajaran berlangsung dapat memberi kenyamanan bagi guru dan siswa, hubungan yang baik antara siswa dan guru, adanya kesadaran dari siswa serta dukungan orang tua ketika siswa sudah tidak lagi diawasi oleh gurunya. Adapun faktor yang menghambat upaya guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa adalah kondisi lingkungan belajar terkadang kurang kondusif, dan kurangnya perhatian dari sebagian orang tua yang sibuk, sehingga membuat siswa malas dan tidak termotivasi untuk belajar. Upaya yang telah dilakukan guru di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung bisa dikatakan berhasil dan efektif karena prestasi menghafal juz amma siswa mengalami kenaikan meskipun belum 100%. Karena karakteristik dan kemampuan siswa dalam menghafal tidak sama, selain itu peran orang tua ketika siswa dirumah juga tidaklah sama. Ada orang tua yang sangat perhatian mendampingi anaknya untuk belajar ada juga orang tua yang kurang perhatian dalam mendampingi anaknya belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133138 NURMALA MAULIDA
Date Deposited: 02 Aug 2017 01:07
Last Modified: 02 Aug 2017 01:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5628

Actions (login required)

View Item View Item