ASMA’UL CHUSNA, 126207201023 (2024) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENGOPTIMALKAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK PENGUATAN KUALITAS PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik Dalam Mengoptimalkan Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Penguatan Kualitas Peserta Didik Di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Asma’ul Chusna, NIM 126207201023, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Zuhri, S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Manajemen, Ekstrakulikuler, Penguatan Kualitas Peserta Didik Kegiatan ekstrakurikuler merupakan aktivitas di luar jam pelajaran yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik. Manajemen peserta didik berperan penting dalam menyediakan kegiatan ekstrakurikuler yang bermutu untuk membantu peserta didik mencapai prestasi. Oleh karena itu, diperlukan strategi manajemen yang inovatif dan penerapan fungsi manajemen yang baik agar kegiatan ekstrakurikuler dapat berjalan optimal dan menghasilkan peserta didik yang berprestasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan manajemen peserta didik dalam mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler untuk penguatan kualitas peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu? (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen peserta didik dalam mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler untuk penguatan kualitas peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu? (3) Bagaimana evaluasi manajemen peserta didik dalam mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler untuk penguatan kualitas peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu? (4) Bagaimana hasil pelaksanaan manajemen peserta didik dalam mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler untuk penguatan kualitas peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif atau penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu kumpulan data, kondensasi data, paparan data, dan penggambaran. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamat, triangulasi, diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu 1) Perencanaan manajemen peserta didik untuk kegiatan ekstrakurikuler di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dilakukan untuk meningkatkan prestasi non-akademik peserta didik dan dengan fokus pada akhlakul karimah dimulai dengan mengidentifikasi potensi peserta didik, memilih pembina, dan menyusun program kerja. Strategi meliputi mencari pelatih profesional, menyediakan sarana, serta komunikasi dengan wali peserta didik dan menindak peserta didik yang tidak ikut ekstrakurikuler. 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler memaksimalkan waktu latihan menjelang perlombaan. Upaya lain meliputi pemeliharaan sarana, penataan jadwal, pemilihan pembina, dan partisipasi dalam berbagai event. 3) Evaluasi dilakukan melalui rapat bulanan dengan pimpinan dan staf, mengumpulkan nilai peserta didik, serta penyusunan laporan pertanggungjawaban kegiatan kepada Kepala Madrasah. 4) Hasil dari manajemen peserta didik yang baik adalah prestasi peserta didik yang terus meningkat. Kegiatan ekstrakurikuler di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar menghasilkan prestasi berkat pembina profesional dan evaluasi akhir semester, yang meningkatkan kualitas peserta didik dan prestasi non-akademik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207201023 ASMA'UL CHUSNA |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 06:51 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |