ADHELIA LATHIFA FADLILA, 126205203214 (2024) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI NURUL HUDA MAJENANG LAMONGAN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Adhelia Lathifa Fadlila, NIM 126205203214, Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Collaborative Learning pada Mata Pelajaran IPA di MI Nurul Huda Majenang Lamongan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran , Collaborative Learning, Pelajaran IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran kolaboratif yang melibatkan siswa dalam suatu kelompok untuk membangun pengetahuan dan mencapai tujuan pembelajaran bersama melalui interaksi sosial dengan bimbingan guru sehingga pembelajaran akan lebih bermakna dan siswa bisa saling menghargai pendapat antar kelompok. Fenomena yang terjadi Penerapan pembelajaran collaborative learning di kelas 5 ini sudah terbilang sangat bagus dan menghasilkan dampak yang positif diantaranya, siswa dapat bekerjasama dengan baik, siswa dapat berinteraksi dan berdiskusi dengan baik, siswa dapat belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Rumusan masalah yang diangkat adalah: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis Collaborative Learning di kelas 5 MI Nurul Huda Majenang?. 2) Bagaimana kekurangan dan kelebihan pembelajaran berbasis Collaborative Learning di kelas 5 MI Nurul Huda Majenang?. 3) Bagaimana hambatan-hambatan dalam penerapan pembelajaran berbasis Collaborative Learning dalam mencapai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 5 MI Nurul Huda Majenang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bersifat deskriptif untuk mengembangkan dan menginterpretasi obyek sesuai apa adanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini 1) Penerapan Model collaborative learning pada mata pelajaran IPA di kelas 5 MI Nurul Huda Majenang sudah efektif. Hal ini dibuktikan dengan mengasah tanggung jawab siswa, mudah menyelesaikan tugas, menjalin kerjasama dan kekompakan, bisa berbicara didepan umum dan tidak membosankan. 2) Kelebihan dari proses pembelajaran adalah melatih siswa untuk saling peduli dan berbagi kepada setiap anggota kelompok dan menanamkan rasa menghargai pendapat orang lain tanpa melihat status intelektual. Sedangkan kekurangan yang terjadi pada pelaksanaan metode pembelajaran kolaboratif, antara lain siswa masih kesulitan dalam melatih fokus pembelajaran berbasis Collaborative Learning di kelas 5 MI Nurul Huda Majenang mengingat pembelajaran ini baru diterapkan dikelas 5 saja. 3) Hambatan yang sering terjadi yaitu siswa masih kesulitan dalam melatih fokus pembelajaran berbasis Collaborative Learning di kelas 5 MI Nurul Huda Majenang mengingat pembelajaran ini baru diterapkan dikelas 5 saja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203214 ADHELIA LATHIFA FADLILA |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 02:15 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 02:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |