ABDIANA MASRUROH, 126205201024 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DI MI MWB WONOREJO TALUN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar” ini ditulis oleh Abdiana Masruroh, Nim. 126205201024, pembimbing Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Inkuiri, Motivasi, Hasil Belajar Keberhasilan proses belajar mengajar dapat diukur dari keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang cenderung pasif dan membosankan memengaruhi hasil belajar siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar untuk lebih meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk membahas lebih lanjut mengenai pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siwa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar yang berjumlah 41 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas 5A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 5B yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Dan uji hpotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test, uji Paired Sample t-Test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran inkuiri terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar dengan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji Independent Sample T-test kurang dari 0,05 yakni 0.000 < 0,05 (2) Model pembelajaran inkuiri terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar dengan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji Paired sample T-test kurang dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05. (3) Model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hubungan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar dengan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji MANOVA kurang dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikansi model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas 5 di MI Mwb Wonorejo Talun Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201024 ABDIANA MASRUROH |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 02:44 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 02:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |